CelebritiesMusicNews & Information

Ingin Tahu Rahasia Musisi Pemula Menjadi Sukses dan Terkenal di Era Digital? Simak ini

Saat ini banyak musisi pemula yang memulai karier secara mandiri dengan memanfaatkan media digital. Mengupload karyanya sendiri melalui youtube, kemudian viral dan terkenal.

Contohnya aja Raisa, dia menjadi terkenal setelah mendapat banyak viewers dari akun youtube dengan meng-cover lagu.

1_29.jpg

Selain menggunakan youtube, musisi muda lain juga banyak yang memanfaatkan digital music platform untuk promosi mereka seperti, soundcloud, bandcamp, CD baby dan believe digital’s tunecore.

Hal tersebut membuat para musisi baru lebih cepat, mudah, dan pastinya lebih murah untuk mendistribusikan karya-karya nya kepada para pendengar.

Setelah diupload, pendengar bisa langsung menikmati dan mendownload karya musisi tersebut dalam hitungan menit bahkan detik.

2_94.jpg

International Federation of the Phonographic Industry (IFPI), sebuah organisai industri rekaman dunia mengeluarkan laporan, tahun 2017 pengguna platform digital meningkat menjadi 176 juta penggguna.

Bukan hanya menjadi terkenal dan kaya bagi para musisisnya, ternyata penyedia platform digital juga meraup keuntungan besar. 

Recording Industry Association of America menyatakan terjadi peningkatan  musisi indie dalam memanfaatkan digital music platform untuk promosi. Pada tahun 2017 pendapatan mereka meraup pendapatan 472 juta dolar AS atau sekitar Rp 6,5 triliun atau naik sekitar 100 juta dolar atau sekitar Rp.1 triliun dari tahun sebelumnya.

Tak heran jika kini para musisi baru memiliki rumah produksi sendiri, menaikan karyanya secara mandiri melalui platform digital, dan tentu saja yang penting, menjadi terkenal.

 

By. Ayu Waluyo

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close