HealthNews & Information

Ini 5 Pengaruh Musik untuk Emosi Manusia

Palingbaru – Siapa yang tidak suka musik? Setiap orang memiliki genre musik favoritnya masing-masing. Mulai dari musik rock yang kencang hingga k-pop yang bikin joget. Mendengarkan musik bisa menghilangkan kebosanan maupun ketenangan yang canggung di dalam mobil.

Tak hanya musik dengan lirik dan aransemen, musik juga digunakan dalam berbagai hal. Mulai dari musik efek dalam film, ringtone handphone, dan kebutuhan manusia lainnya.

Musik sudah jelas memberikan dampak tersendiri bagi kehidupan manusia dalam segala aspek, salah satunya adalah emosi manusia. Berikut adalah penjelasan pengaruh musik pada emosi manusia secara ilmiah dan psikologi dilansir dari Psychology Today.

  1. Perasaan yang Positif

Musik selalu membuat PiBi merasa lebih baik, apa pun genre. Perasaan yang positif akan memberikan pengaruh yang baik untuk kesehatan fisik dan inspirasi kreatif dalam mengerjakan sesuatu. Oelh karena itu, mendengarkan lagu saat bekerja atau ketika sedang stress bisa menjadi solusi yang cukup ampuh untuk menenangkan pikiran.

  1. Memberikan Efek Mengejutkan

Refleks batang otak kita dirancang untuk merespon sesuatu yang bersifat cepat dan otomatis seperti musik yang tiba-tiba. Itu mengapa PiBi bisa terbangun ketika mendengarkan musik yang terlalu keras, atau terkejut ketika ada musik yang mengejutkan dalam film horror. Musik memberikan otak kita refleks terkejut yang menyebarkan keseluruh tubuh.

  1. Sebagai Media Sinkronasi

Detak jantung kita dapat selaras dengan musik yang sedang kita dengarkan. Tak hanya detak jantung, musik juga akan memicu kita untuk bergoyang mengikuti irama. PiBi pasti mengiyangkan kepala ketika mendengarkan musik catchy favorit PiBi. Musik juga bisa memicu orang untuk menari mengikuti irama. Mensinkronkan diri dengan musik dapat menenangkan jiwa. Contohnya lainnya adalah lagu untuk menangkan bayi saat tidur, musik dapat membantu bayi merasa lebih tenang.

efek musik pada tubuh manusia 2

  1. Menularkan Emosi Satu dengan yang Lain

Musik dalam sebuah ruangan dengan sekumpulan orang dapat menimbulkan emosi tertentu. Jika beberapa orang “menangkap” emosi dari musik yang dialunkan, maka seluruh orang dalam ruangan juga akan “tertular”. Oleh karena itu, musik seringkali dialunkan di suatu tempat atau suasana agar tidak kaku dan canggung.

Hal ini juga berlaku dalam sebuah konser musik. Datang ke konser musik bisa menjadi kegiatan pelepas stress. Musik yang dirasakan oleh seorang penyanyi akan menyebar pada para penonton musik.

  1. Mengingatkan Seseorang pada Sebuah Memori

Musik juga bisa membangkitkan kita pada memori tertentu. Apa PiBi memiliki lagu spesial dengan kekasih? Setiap mendengarkan lagu tertentu yang mengingatkan PiBi pada memori tertentu, hal ini membuktikan musik juga bisa menjadi pemicu kenangan lama yang terlupakan. Banyak orang lagu khusus untuk acara pernikahan mereka untuk membuat kenangan tertentu. Atau musik dalam sebuah acara perpisahan sekolah yang akan membuat kita merindukan teman-teman di masa sekolah.

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close