Kamu pasti pernah ngiri kan ketika melihat orang lain memiliki iPhone X? Hayo ngaku aja deh!

Ngiri itu wajar kok, PiBi. Abisnya kan iPhone X itu emang keren banget! Dari mulai tampilan fisiknya yang elegan, kameranya yang udah layaknya kamera professional, sampai prestigenya ketika memegang ponsel mahal itu.

Ternyata nih, salah satu alasan kenapa iPhone X memiliki harga selangit ada pada layarnya, PiBi.

Layarnya? Emang apa istimewanya sih? Bukannya sama aja ya?

Jangan salah, PiBi. Layar iPhone X adalah OLED screen. OLED adalah Organic Light Emitting Diodes. Kelebihan OLED dibandingkan dengan layar ponsel pada umumnya adalah layar OLED tidak memiliki backlight. Jadi, setiap piksel menyalakan cahaya sendiri ketika terekspos oleh arus listrik.

Nggak paham? Oke jadi gampangnya, backlight yang biasanya dimiliki oleh layar pada umumnya ini ternyata memakan banyak sekali daya baterai, PiBi. Makanya layar OLED cenderung lebih hemat energi. Mengenai piksel yang bisa menghasilkan cahaya sendiri itu efeknya bisa membuat warna layar lebih kontras dan lebih hidup.

Gitu.

Tapi sayangnya, layar OLED ini sama sekali tidak murah, PiBi. OLED screen yang juga disebut sebagai Super Retina HD Display ini menjadi salah satu alasan kenapa iPhone X ini mahalnyaaaa amit-amit deh!

OLED screen ini bisa menghasilkan 2,7 juta piksel warna, PiBi. Kurang banyak gimana deh tuh. Jika dibandingkan dengan iPhone 8 Plus, perbedaannya hampir 700 ribu warna, lho. Makanya sih iPhone 8 Plus lebih murah dari iPhone X.

Tapi, kabarnya Apple akan memproduksi iPhone X “low end” yang menggunakan LCD screen.

LCD adalah Liquid Crystal Displays, PiBi, yaitu layar yang banyak digunakan oleh smartphone termasuk iPhone. LCD ini menggunakan backlight untuk menghasilkan warna. Setiap cahaya yang masuk akan melewati backlight dan lapisan liquid crystals untuk mencapai kaca piksel. Kaca piksel memiliki subpiksel merah, biru, dan hijau. Nah aliran cahaya itu dikendalikan untuk menciptakan warna-warna yang berbeda.

Ah, susah juga ya untuk dipahami, PiBi. Intinya, OLED lebih baik dalam menghantarkan warna ke mata kita dibandingkan LCD. Tentu, harganya pun lebih mahal.

Jadi, makin pengen beli iPhone X nggak nih?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar