News & InformationScience

Ini Alasan Kenapa Tubuh Manusia Tidak Ditumbuhi Bulu Seperti Mamalia Lainnya

Palingbaru – Mamalia memiliki tubuh yang banyak ditumbuhi rambut. Misalnya, kalau sahabat Pibi punya kucing, coba deh perhatiin gimana tubuh hewan itu diselimuti rambut.

Nah, sebagai sesama mamalia, manusia justru punya penampilan yang berbeda. Ia tidak punya rambut yang tebal kecuali di kepala. Sementara di bagian tangan dan kaki, hanya ditumbuhi bulu-bulu halus.

Bahkan, kita tidak menemukan sama sekali rambut di telapak tangan dan kaki. Tau gak, sahabat Pibi apa sebabnya?

Menurut keterangan dari ahli penyakit kulit bernama Sarah Millar, Sebagaimana dikutip dari Science Alert, manusia memiliki protein Wnt yang membawa informasi dari sel-sel tentang inisiasi, jarak, dan pertumbuhan rambut pada tumbuh.

Wnt perannya penting dalam pemberian tanda-tanda untuk pertumbuhan kantung rambut, yang apabila protein itu dihadang akan menyebabkan kulit yang kurang ditumbuhi rambut.

Sementara bila dihidupkan, Wnt akan membuat pembentukan kulit yang ditumbuhi banyak rambut. Artinya, kulit manusia yang sedikit ditumbuhi rambut secara alami membuat suatu zat penghambat pertumbuhan yang menghadang pekerjaan Wnt.

Nama zat penghalang Wnt itu adalah protein juga, namanya Dickkopf 2 (DKK2), yang ketika ia disingkirkan dari tubuh tikus saat proses penelitian ini, mereka menemukan hal yang ganjil. Atas keganjilan yang didapat pada proses eksperimen, para peneliti menyimpulkan bahwa DKK2 tidak berkaitan dengan pembentukan rambut pada tubuh mamalia.

Sekarang, para peneliti menganggap DKK2 itu bertanggung jawab dalam menjaga bagian tubuh yang tidak ditumbuhi rambut.

Pada kasus tertentu, saat zat penghambat pertumbuhan rambut itu tak ada, jalur sinyal Wnt pergi ke perangkatnya sendiri, kemudian mengaktifkan sistem sel yang cocok yang disebut β-catenin, hingga kemudian ini yang menyebabkan kantung rambut tubuh di tempat yang tidak semestinya.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close