InspirationNews & Information

Ini Dia Alasan Perempuan Jarang Memenangkan Nobel Bidang Fisika

nobel_1.jpg
(Donna Strickland, memenangi Nobel di bidang fisika)
Tahukah kamu sejauh ini hanya tiga orang perempuan di dunia ini yang memenangi hadiah Nobel pada bidang fisika.
Seperti yang dilaporkan BBC, tahun ini Donna Strickland mendapatkan hadiah nobel. Ia adalah perempuan ketiga penerima nobel dibidang fisika, setelah Marie Curie (1903) dan Maria Goeppert-Mayer 60 tahun kemudian.  
nobel_2.jpg
Marie Curie memenangkan nobel di tahun1903 )
nobel_3.jpg
(Maria Goeppert-Mayer memenangkan nobel di tahun1963)
Meskipun Frances Arnold juga dikabarkan memenangi hadiah Nobel tahun ini di bidang kimia, tapi tetap saja perempuan sangat langka menerima hadiah Nobel. Salah satu sebabnya karena jarangnya perempuan tertarik di bidang sains. 
Fenomena ini memunculkan pertanyaan besar, kenapa perempuan sangat jarang bergelut dibidang sains ditengah-tengah prestasi tinggi yang diperoleh perempuan di bidang sport, politik, maupun bidang kedokteran.
 
BBC melalui laporan yang ditulis oleh Mary K Feeney menyebutkan minimnya perempuan bergerak dibidang sains karena selama ber abad-abad perempuan harus berjuang keras untuk masuk didunia sains stem, teknologi matematika dan enginering. Dan fakta menunjukan banyak perempuan yang berjuang memasuki dunia ini namun menghadapi hambatan. Salah-satu diantaranya adalah bias gender, steriotipe perempuan tidak suka matematika dan sains, selain itu ada hambatan struktural dan institusional dalam karier akademik, misalnya harus menyeimbangkan tanggung jawab antara memiliki anak, mengurus keluarga dan berkarier dibidang sains. 
Nah bagaimana, apakah kamu diantaranya ? Tentu saja kita berharap banyak perempuan yang meraih prestasi tertingginya termasuk di dunia sains.  
By. Ayu Waluyo
Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close