InspirationScience

Ini Dia Bahan Bakar Cairan yang Dapat Menyimpan Energi Matahari

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti sadar kalo energi matahari hingga hari ini cukup melimpah. Namun menurut ilmuwan, tenaga surya ini belum punya perangkat yang digunakan untuk menyimpan kekuatannya.

Hingga akhirnya, beberapa ilmuwan berhasil menciptakan penyimpan energi surya ini. Sebagaimana dikutip dari Science Alert, para ilmuwan di Swedia berhasil menciptakan bahan bakar cairan yang dapat menyimpan energi matahari.

Para ilmuwan tersebut mencoba untuk mengembangkan cairan khusus. Beberapa ilmuwan menyebutnya sebagai bahan bakar panas matahari, yang dapat menyimpan energi tersebut selama sepuluh tahun.

Cairan ini merupakan molekul berupa cairan yang telah dikembangkan oleh para ilmuwan dari Chalmers University of Technology, Sewedia sejak setahun silam.

Molekul tersebut terdiri dari embat zat: karbon, hidrogen, dan nitrogen. Ketika cairan ini terpapar matahari, molekul tersebut akan melahirkan isomer, energi yang dihasilkan ketika ikatan atom dari molekul tersebut disusun kembali menjadi energi baru ketika kena sinar matahari.

Cairan tersebut seperti perangkap yang bisa menyimpan mangsa sasarannya ketika ia sudah terperangkap. Uniknya, energi matahari yang berhasil ditangkap itu bisa bertahan di kondisi dingin sekalipun.

Selain itu, ketika energi itu dibutuhkan di saat cuaca yang cukup dingin seperti malam hari, cairan itu hanya akan ditarik melalui katalis yang bisa mengembalikan molekul cairan tersebut ke bentuk aslinya.

Pada prototipe sistem energi ini, para ilmuwan mencoba untuk menempatkan alat ini di atas gedung universitas, hasilnya dikatakan cukup menuai perhatian banyak investor.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close