HealthHealthNews & InformationScience

Ini Dia Bukti Olahraga Bisa Menyehatkan Otak

Palingbaru – Di waktu hari kerja mungkin sahabat Pibi tidak punya waktu untuk olahraga, tetapi di waktu akhir pekan tiba justru ngerasa ngebuang-buang waktu buat ngisi pagi hari dengan olahraga. Nah, itu mungkin karena sahabat Pibi belum tahu bagaimana olahraga fisik itu justru bermanfaat bagi kesehatan otak, berikut uraiannya sebagaimana dikutip dari Psychology Today.

Meningkatkan kesehatan kognitif. Peningkatan ini bisa dilakukan dengan olahraga aerobik, seperti berlari, berjalan kaki, dan juga berenang. Karena dari olahraga inilah peredaran darah dan pernapasan bisa semakin lancar.

Peredaran darah yang berisi oksigen itu akan mengalir ke otak. Sementara kecepatan detak jantung akan disertai dengan nafas yang berat dan cepat, tergantung pada intensitas olahragamu.

Oksigen yang berhasil masuk ke otak itu akan memproduksi neuron pada bagian tertentu pada otak yang mengendalikan ingatan dan pemikiran.

Produksi neuron itu meningkatkan volume otak, dan hal ini diyakini para ilmuwan dapat membantu menghindari efek dari demensia, kondisi otak yang mengalami kemunduran. Menurut para ilmuwan, olahraga dapat menunda serangan demensia itu hingga 15 tahun.

Hubungan antara olahraga dengan kesehatan kognisi adalah dengan neurotropin, yakni zat yang diproduksi oleh sel saraf sebagai nutrisi otak.

Neurotropin ini berkaitan dengan kemampuan mengingat dan belajar secara lebih baik pada otak. Dari olahragalah pembawa zat ini akan meningkat khususnya serotonin dan neropinephrine yang dapat meningkatkan proses informasi dan mood.

Menurut beberapa ilmuwan, manfaat olahraga ini bahkan dapat menjauhkan penyakit alzeimer. Setidaknya, olahraga yang dilakukan sebanyak 150 menit per pekan akan memperbaiki kondisi kognisi dibandingkan dengan yang tidak olahraga.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close