News & InformationScience

Ini Dia Cara Otak Manusia Menebak Masa Depan

Palingbaru – Sahabat Pibi, pernah ga begini : Ketika kamu lagi melakukan sesuatu, pikiranmu justru sedang memikirkan masa depan.

Misalnya, kamu suka memprediksi akhir cerita dari suatu film yang kamu tonton. Atau kamu sang penggandrung olahraga bola volly, malah sering menebak arah jatuhnya bola.

Nah, upaya otak menebak-nebak masa depan itu terbilang wajar. Karena menurut studi terbaru dari University of California at Berkeley, otak mampu untuk melakukannya. Mungkin kamu tidak pernah tahu bagaimana cara otak melakukan semua ini. Penasaran? Berikut faktanya.

Sebagaimana dikutip dari Psychology Today, otak menggunakan dua bagian terpisah untuk memprediksi masa depan. Prediksi ini sebagai upaya gerakan antisipatif.

Para peneliti menyebut dua bagian otak yang bekerja itu adalah cerebellum (otak kecil) dan basal ganglia. Kedua bagian otak tersebut menyelaraskan pergerakan otot saat olahraga, main musik, juga dalam aktivitas keseharian lainnya.

Kedua sistem otak itu menurut penulis senior dalam penelitian ini, Assaf Breska,mengizinkan manusia untuk secara aktif mengantisipasi masa depan.

Ada dua hal dalam upaya antisipasi ini. Pertama, pemilihan waktu berdasarkan irama dan kedua pengaturan tempo berdasarkan pengalaman.

Bagian basal gangglia bertugas dalam pengaturan tempo berdasarkan irama. Sementara otak kecil punya tugas dalam pengaturan waktu berdasarkan pengalaman.

Nah, penemuan cara kerja otak ini memberi jalan terang tersendiri bagi para ilmuwan, untuk bisa memanfaatkan pengobatan nonfarmasi; seperti penggunaan aplikasi telepon pintar, game pelatihan otak, dan sejenisnya untuk mengobati penderita  defisit waktu pada sistem saraf.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close