HealthNews & Information

Ini Dia Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengecek Kesegaran Ikan

PalingBaru- Ikan memiliki banyak kandungan protein dan vitamin tinggi yang berguna bagi tubuh kita. Maka tak heran, pemerintah sangat genjar kampanyekan konsumsi ikan tiap hari.

Tapi terkadang kita sulit membedakan ikan yang segar dengan ikan yang telah diberi pengawet.

Apabila kita terlalu sering mengkonsumsi ikan yang banyak mengandung pengawet jelas akan memberikan dampak buruk bagi kita.

Oleh karena itu, yuk kita simak di bawah ini, beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memilih ikan yang segar.

  1. Mata Ikan Bewarna Jernih

Ciri pertama ikan segar adalah dengan melihat mata ikan tersebut. Mata ikan yang masih segar akan berwarna lebih jernih layaknya masih hidup serta masih menonjol. Sedangkan ikan yang sudah tidak segar akan bewarna lebih pucat dan ke-abu-abuan.

  1. Tubuh Ikan Masih Kaku

Selanjutnya untuk melihat ikan yang masih segar adalah dengan melihat tubuh ikan masih kaku dan tidak lemas. Salah satunya adalah dengan melihat sirip serta sisiknya tidak mudah terlepas. Apabila ikan sudah tidak segar lagi maka akan terlihat lemas apabila ikan tersebut diangkat.

  1. Insang bewarna merah

Insang yang bewarna merah darah menandakan bahwa ikan tersebut masih segar. Ketika ikan tersebut sudah tidak segar biasanya ikan lebih pucat.

  1. Daging Lebih Kenyal

Daging ikan yang segar cenderung lebih kenyal apabila disentuh. Daging ikan tersebut akan terasa lebih elastis apabila ditekan. Kamu bisa mencobanya dengan menekan bagian perut ikan menggunakan jari telunjuk, apabila bentuknya kembali seperti semula maka bisa dipastikan ikan tersebut masih segar.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lihat untuk mengetahui ikan tersebut masih segar atau tidak. Dan yang harus kamu perhatikan juga adalah jangan terlalu menyimpan ikan tersebut berada pada suhu ruangan, karena mempengaruhi kesegaran ikan.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close