Aroma Natal sudah mulai terendus ya, PiBi? Kita sudah memasuki bulan perayaan Natal yang tentunya sangat dinanti-nantikan. Nah, dalam merayakan Natal, biasanya kamu dan keluarga ngapain aja nih? Sekedar kumpul dan makan bersama atau jalan-jalan?

Bicara mengenai Natal, tentunya banyak hal unik dan menarik ya PiBi, kuliner misalnya. Pada perayaan Natal, salah satu yang dinanti-nantikan adalah moment menyantap kuliner bersama keluarga, benar kan? Kalau di Indonesia, biasanya menggunakan jajanan daerah masing-masing sebagai suguhan. Dan, mungkin juga kamu agak sedikit bosan dengan menu yang itu-itu saja. Nah, kalau kamu ingin inovasi kuliner terbaru, simak nih beberapa kuliner khas Natal dari berbagai Negara di belahan dunia.

1. Avgolemono

Tahukah kamu kalau di Yunani juga ada sup? Yap, Avgolemono merupakan sup asal Yunani yang menjadi menu khas saat Natal tiba. Avgolemono menjadi favorit karena biasanya saat perayaan Natal, dunia belahan barat sedang memasuki musim salju. Sehingga hangatnya sup Avgolemono sangat cocok untuk di santap, iya kan? Tapi kamu jangan kaget ya, sebab sup Yunani ini memang sedikit kental, tidak cair layaknya sup di Indonesia. Meskipun begitu, rasanya maknyus kok, PiBi!

2. Pierogi

(Foto : Istimewa)

Selanjutnya adalah Pierogi, kuliner yang berasal dari Negeri Elang Putih, Polandia. Sebelumnya kamu harus tahu terlebih dahulu kalau Polandia merupakan Negara yang sangat memang erat budayanya. Salah satu tradisi yang masih berlaku hingga saat ini adalah larangan memakan daging saat perayaan Natal. Nah, maka dari itu masyarakat Polandia tidak pernah mengolah daging sebagai menu Natal, mereka menggantinya dengan Pierogi, jajanan sejenis pia yang terbuat dari pangsit, keju, jamur, dan sayuran. Cara menghidangkannya pun bisa dengan direbus maupun digoreng. Soal rasa, pasti bikin nagih deh!

3. Stollen

(Foto : Istimewa)

Kalau yang satu ini mungkin sudah terkenal ya, PiBi? Yap, Stollen adalah kue khas Jerman yang terbuat dari adonan ragi dengan rasa manis yang dilengkapi buah kering, kacang, dan marzipan. Stollen sendiri merupakan kuliner Natal Swedia yang dimulai sejak abad ke 13. Awal mulanya kue ini memiliki rasa khas yang hambar. Namun semakin berkembang dunia kuliner, Stollen pun diinovasi menjadi bervarian rasa.

4. Bibingka

(Foto : Istimewa)

Nah kali ini kita masuk ke Asia, yaitu Filipina. Negara Lumbung Padi Asean ini ternyata punya satu kuliner yang khas untuk Natal loh, PiBi. Kuliner tersebut adalah Bibingka. Jadi, Bibingka adalah jajanan kue beras. Memang sangat tradisional, bahannya saja alami semua seperti tepung beras, air, dan air kelapa. Bungkusnya pun menggunakan daun pisang. Kalau di Indonesia Bibingka ini masuk dalam kategori kue basah ya, PiBi?

Nah, itu dia 4 kuliner khas Natal dari beberapa Negara di dunia. Kamu tertarik untuk menyantap yang mana nih, PiBi?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar