I Like ItTraveling

Ini Dia Lima Pasar Digital Di Indonesia, Sangat Asyik di Kunjungi

Palingbaru-Destinasi Digital belakangan ini sedang marak di daerah-daerah tujuan wisata, seperti di Jawa Tengah, Lombok, Sumbawa, Makassar, Belitung, Jogjakarta, dll.

Destinasi digital merupakan destinasi pariwisata yang kreatif, fotogenik untuk diunggah ke media sosial (instagramable). Yang tak kalah penting adalah keunikannya, misalnya pasar dengan sistem transaksi yang unik dan barang dagangan yang sangat tradisional.

Sebagai salah satu ciri khasnya adalah transaksi bukan memakai uang seperti biasa, tetapi memakai koin atau alat lain dengan nilai yang sama dengan uang biasa. Contohnya, 1 koin bernilai 1000, 5000, atau 10.000. Ada bagian kasir yang bertugas melayani penukaran ung dengn koin tersebut. Maka di dalam pasar, pengunjung akan bertransaksi memakai koin tersebut.

Nah berikut ini beberapa pasar digital yang merupakan bagian dari Generasi Pesona Indonesia dan binaan Kementrian Pariwisata.

Pasar Jantop

Pasar ini berada di wilayah kabupaten Sumbawa Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat. Tepatnya di Ai Bua, Dusun Mongal, Desa Tapir kecamatan Seteluk. Jantop singkatan dari Jaminan Ngetop. Heheh ada-ada aja ya namanya..

Pengunjung bisa menikmati berbagai kuliner khas Sumbawa, atraksi live music, dan berbagi pertunjukan seni tradisional. Berbagai spot sefie juga ada di pasar ini. Pasarnya dibuka setiap hari Minggu sore mulai jam 15.00-19.00.

Pasar Jumpa Tengah

Destinasi digital ini berada di Tebing Tinggi Sumatera Utara. Tepatnya di area kompleks GOR  Asber Nasution Dispora Kota Tebing Tinggi. Pasar ini selain menyediakan kuliner khas Sumatera Utara, secara rutin juga ada penampilan tari-tarian tradisional dan live musik. Dan tentu saja, berbagai spot selfie yang instagramable ada di pasar ini. Pasar ini buka saat akhir pekan jam 14.00-18.00 waktu setempat.

Pasar Lontara

Pasar Lontara berada di kawasan Benteng Somba Opu kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Nama Lontara diambil dari aksara tradisional Bugis-Makassar. Tujuannya untuk menjaga dan melestarikan budaya Sulawesi Selatan. Seperti destinasi digital lainnya, Pasar Lontara menyediakan berbagai kuliner khas Sulsel dan sajian tarian tradisional.

Pasar Salamoeli Indah

Pasar yang satu ini lokasinya berada di desa Suli Bawah kecamatan Salahutu Maluku Tengah. Pasar ini dilaunching bulan Oktober 2018. Pasar Salamoeli Indah konsepnya pasra rakyat dengan nuansa pantai. Beberpa atraksi wisata yang bisa dinikmati pengunjung antara lain education corner, garden spot, camping ground,dll.

Beberapa paket wisata juga disiapkan untuk memanjakan pengunjung. Misalnya paket memancing dan sunset hunting.

Pasar Kaki Langit Jogja

Pasar Kaki Langit berada di Mangunan DIY. Pasar ini menyajikan kuliner khas Jogja dan atraksi wisata tradisional. Selain untuk dikunjungi warga atau pun wisatawan, pasar ini juga sering dipakai untuk keperluan kegiatan pemerintah. Pasar ini juga sangat berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar pasar. Karena warga terlibat langsung dalam pelaksanaannya. Misal sebagai pedagang dan pengolah kuliner bagi pengunjung.

Itulah beberapa destinasi digital yang ada di beberapa wilayah di Indonesia. Pemerintah berencana memiliki 100 destinasi Digital, ini adalah bagian dari kementrian pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisata.

By. Diane Suryaman

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close