CulinariesHealthHealthLifestyle

Ini Dia Manfaat Buah Plum Bagi Kesehatan

Palingbaru-  Sahabat Pibi suka nggak makan buah plum? Iya buah merah kecil yang memiliki rasa sedikit masam namun segar itu ternyata memiliki banyak khasiat loh. Buah Plum termasuk dalam keluarga Rosaceae merupakan buah yang kaya manfaat loh. Kira-kira apa saja manfaatnya? Cek ulasan lengkapnya di bawah ini ya.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Apabila kamu sembelit, cobalah mengkonsumsi buah plum dan rasakan khasiatnya. Serat yang terkandung dalam buah plum memadatkan massa feses sehingga melancarkan proses pembuanganya. Kemudian serat plum yang tidak larut akan bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang berada di usus besar. Bakteri baik ini sangat membantu mempertahankan kesehatan organ pencernaan loh.

  1. Merendahkan Tingkat Kolestrol

Serat buah plum mengandung asam propionate yang dihasilkan serat buah plum yang tidak larut. Hal ini membuktikan bahwa asam propionate memiliki sifat penurun kolestrol. Hal ini sudah dibuktikan, dalam penelitian hewan, asam propionate menghambat HMG-CoA reductase yakni enzim yang terlibat dalam produksi kolestrol.

  1. Kaya Antioksidan

 

Plum juga mengandung salah satu zat antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh yakni fenol.zat ini membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak. Kemudian sel-sel tubuh termasuk sel otak dan molekul seperti kolestrol sebagian besar tersusun dari lemak. Sehingga penting untuk mencegah kerusakan radikal bebas.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Plum juga mengandung kalium yang membantu beberapa fungsi bagian vital dalam tubuh. Mineral ini akan membantu menjaga irama jantung, kontraksi otot jantung, implus saraf, dan lain sebagainya. Tubuh sendiri tidak bisa memproduksi zat ini, sehingga dengan mengkonsumsi buah plum secara rutin akan sangat membantu mencukupi kebutuhan kalium dalam tubuh.

by Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close