News & InformationScienceTechnology

Ini Dia Menara Roket yang Dibuat di Tengah Hutan

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti sudah tahu isinya hutan, ga jauh dari pohon, hewan-hewan liar, dan sungai yang masih asri. Isi hutan itu mungkin sudah biasa.

Tahukah kamu bahwa ada hal yang ga biasa pada salah satu hutan tropis di Amerika Utara? Ada apa di dalamnya?

Di sana, kata BBC ada pangkalan peluncur roket. Empunya adalah European Space Agency (ESA) atau Badan Antariksa Eropa.

Sekarang ini ESA sedang melakukan persiapan untuk peluncuran sebuah roket bernama Ariane 6. Roket dengan tinggi 62 m itu, mampu membawa pesawat luar angkasa berukuran sedang dan besar dengan masing-masing orbit yang berbeda.

Sebelumnya, ESA sudah berhasil meluncurkan Ariane 5 pada 1996, yang memboyong pesawat antariksa berukuran jumbo bernama BepiColombo.

Menara untuk meluncurkan Ariane 6 itu dibangun di tempat yang sama dengan Ariane 5. Menara roket tersebut disebut juga dengan ‘Eiffel Tower’,

Hutan yang dipakai untuk peluncuran itu tepatnya terletak di Guyana Perancis, daratan yang difungsikan sebagai departemen luar negeri Perancis. Negara ini berdampingan dengan Suriname di sebelah baratnya.

Sejak 1964 ESA sudah membangun aktivitas untuk ekspedisi luar angkasa di daerah Kourou ini. Alasannya karena daerah ini sangat cocok untuk peluncuran roket, karena berada di garis lintang 5˚3ˈ.

Berdasarkan pernyataan dari situs resmi ESA, posisi tersebut terbilang dekat dengan garis khatulistiwa. Sementara tempat yang dekat dengan garis khatulistiwa adalah posisi paling ideal untuk peluncuran satelit.

Pada bagian bumi ini, roket akan mendapat dorongan tambahan ketika sedang meluncur. Tenaga itu dikeluarkan oleh efek kecepatan rotasi bumi. Tambahan dorongannya bisa mencapai 460 m per detik.

Dengan demikian, roket yang diluncurkan di sini akan hemat bahan bakar dan bisa memperpanjang daya aktif satelit.

Selain perhitungan ekonomi, tempat ini juga sudah diperhitungkan secara keselamatan. ESA berani meluncurkan roket di sini, karena di tempat peluncuran tersebut hampir tidak ada penduduk, ditambah 90 persen dari wilayahnya tertutupi hutan tropis.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close