HealthInspirationScience

Ini Dia Obat Terbaru untuk Penyakit Alzheimer

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti ga mau kehilangan atau bahkan mengalami pengurangan daya ingat. Para ilmuwan sendiri terus berupaya buat menangani gejala ini.

Misalnya saja pada percobaan pengobatan terbaru di beberapa negara baru-baru ini. Sebagaimana dikutip dari Science Alert, para ilmuwan mencoba cara baru buat menangani gejala Alzheimer.

Percobaan tersebut menggunakan obat bernama troriluzole dengan melibatkan beberapa penderita Alzheimer. Tujuannya untuk melihat apakah obat baru itu bisa mengentikan atau memperlambat gejala dari hilangnya ingatan dan berbagai gejala lainnya.

Percobaan klinis ini disebut juga T2 Protect AD, yang memakan waktu 48 pekan untuk pengobatan dan pemantauan pada para relawan percobaan ini.

Obat troriluzole itu terlihat bisa memperlambat angka pada sel- sel otak yang mati. Artinya, percobaan ini telah menuai sukses dan telah menjadi metode baru dalam pengobatan penyakit demensia.

Pada obat terbaru itu teedapat bahan yang berna riluzole, yakni bahan aktif yang berperan sebagai neuroprotektan. Bahan ini mengubah jalan kimiawi di dalam otak untuk mencegah terpoduksinya pemancar neuron bernama glutamat yang berdampak pada kelainan sel, yang berkaitan dengan penurunan pada neuron.

Sebetulnya pengobatan ini sudah ada sejak tahun 1995 sebagai sebuah pengobatan bernama amyotophic lateral sclerosis (ALS). Bedanya, pada obat yang digunakan. Versi terbaru obat itu dikembangkan oleh Biohaven Pharmaceuticals.

Obat terbaru troriluzole itu dianggap bermanfaat bagi para penderita Alzheimer dengan cara yang sama pada bagaimana obay itu digunakan untuk mengobati ALS, sebagai mrkanisme dari gangguan  pada sel akibat dari dua bagian penyakit yang sama.

Meski penelitian pada Alzheimer fokus pada pendeteksian dan pencegahan, T2 Protect AD bisa berlaku sebaliknya, yakni membantu para dokter mengambangkan cara pengobatan yang baru.

Berbagai temuan dari penelitian ini bisa memberi cara baru untuk mengatur dan mengurangi dampak-dampak dari Alzheimer yang dideritanya.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close