BeautyHealthNews & InformationTechnology

Ini Dia Sensor Kecil Pelindung Kulit dari Sinar UV

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti udah pada tau gimana bahayanya radiasi matahari. Salah satunya bisa menyebabkan kanker kulit. Nah, untuk menanggulangi dampak buruk dari UV ini, telah ada teknologi terbaru berupa sensor berukuran kecil.

Sensor yang dapat mengenali radiasi matahari itu bentuknya sebesar kuku tangan, tetapi kemampuannya tidak sekecil fisiknya. Sebagaimana dikutip dari The Independent, saat sedang berada di bawah terik matahari, orang yang menggunakan sensor ini dapat melacak dosis ultraviolet yang menerpa tubuhnya.

Alat terbaru ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Northwestern Medicine dan Northwestern’s McCormick School of Enggineering.

Alat yang khusus digunakan untuk memantau sinar ultraviolet ini selain akan dipatok dengan harga yang murah, juga akan lebih mudah untuk memperolehnya.

Uniknya, alat ini juga bisa memantau tiga gelombang cahaya yang berbeda. Tentu ini akan berguna bagi para peneliti yang menggunakan alat tersebut ketika ingin memisahkan jenis-jenis cahaya.

Perhitungan yang dapat dilakukan sensor kecil ini di antaranya adalah bisa menilai baik tidaknya cahaya bagi manusia.

Soal ketahanan alat ini, jangan khawatir. Karena para peneliti sudah menguji cobanya dengan menjatuhkannya. Alhasil, perangkat tersebut tetap awet dan elastis.

Ketua dari peneliti alat ini, John Rogers mengatakan bahwa alat ini akan tetap hidup meski tidak membutuhkan pengisian daya. Sementara untuk pemasangan alat ini, pengguna bisa menempelkannya ke topi menggunakan atau merekatkannya di kacamata hitam atau pun di jam tangan.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close