InspirationLifestyleNewNews & Information

Ini Dia Taman Terapung yang Terbuat Dari Sampah Plastik

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti udah sadar kalau sampah plastik itu banyak sekali, dan kebanyakannya enggak di didaur ulang. Makanya, plastik itu dibilang mencemari lingkungan kita khususnya di laut.

Namun, sampah sampah plastik ini ada yang digunakan untuk membuat taman terapung. Sebagaimana dikutip dari The Independent, satu prototipe taman sampah plastik ini sudah ada di Rotterdam sejak 2018.

Proyek taman ini bernama Recycled Park Project, dikembangkan sejak lima tahun ke belakang. Ide dari taman ini adalah bagaimana caranya sampah plastik dijadikan sebagai pulau.

The Recycled Island dan Whim Architecture merupakan dua lembaga yang menggagas taman buatan ini. Mereka meluncurkan proyek taman ini pada 2014, dengan tujuan untuk memungut sampah plastik di sungai New Meuse Roterdam sebelum sampah itu terbawa arus ke laut.

Cara mereka mengumpulkan sampah itu dengan bantuan perangkap berupa jaring yang mengambang. Nantinya, jaring itu akan jadi perangkap sampah sebelum masuk ke area lautan.

Sumber: Recycled Park

Jumlah perangkap itu ada tiga, pencegatan sampah ini juga dibantu oleh beberapa relawan yang bertugas untuk membersihkan tepi sungai.

Pada prototipe tamannya sendiri sudah mulai dibuka untuk publik sejak Juli 2018.

Proyek menargetkan untuk menambahkan lima perangkap sampah plastik lagui, sehingga bisa membuat sebuah pulau dengan luas setidaknya 190 meter.

Apabila proyek ini berhasil, pulau buatan ini akan dibuat juga di tempat lainnya, salah satu negara yang sedang diteliti adalah Indonesia.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close