PiBi pernah nggak berfikir kalau teknologi di sekeliling kita ini ternyata sudah dikhayalkan oleh para peneliti sejak berabad-abad silam. Selain itu ada juga beberapa film lawas seperti film Sci-Fi yang memunculkan teknologi-teknologi yang bahkan belum pernah dibuat di masanya. So, apa saja sih teknologi “khayalan” yang ternyata sudah terealisasi saat ini?

Smart glass/ Virtual Reality

Kacamata mungkin terlihat hanya sebagai benda fashion saja. Dalam film Back to the Future (1985), anak Marty dari masa depan terlihat sedang memakai kacamata yang bisa menampilkan berbagai informasi tertentu.

Hal ini ternyata sudah ada di kenyataan berkat adanya virtual reality headset. Berbagai konten VR juga bisa kamu temui dengan mudah di media sosial. Tinggal pasang kacamata VR, kamu bisa langsung menikmati berbagai konten dengan asyik.

Tablet

Komputer yang hanya seperti papan, dulu hanya khayalan saja. Dulu, komputer terkenal sangat berat dan tidak bisa dijinjing ke mana-mana. Bahkan, laptop masih banyak yang beratnya mencapai 3 kg. Tapi sekarang kamu sudah bisa melihat banyak orang memiliki tablet dengan berbagai merk dan fasilitas.

Facial Recognition

Sistem keamanan dengan menggunakan wajah dulunya hanya ada di film sci-fi seperti James Bond. Namun di zaman serba modern ini, sistem facial recognition telah ada di semua smartphone. Seperti membuka kunci pengaman gadgetmu hanya dengan scan wajah saja. Atau saat melakukan selfie kalian bisa mendeteksi umur hanya dengan teknologi ini.

Video call

Di berbagai film sci-fi, tokoh penjahat biasanya akan tampil lewat sebuah layar raksasa. Mereka bisa berkomunikasi lewat alat seperti TV secara dua arah. Teknologi ini sekarang bisa kamu nikmati di smartphone yang ada di genggamanmu. Tak cuma suara, kamu bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi mereka lewat kamera depan gadgetmu.

Fingerprint

Balik lagi ke film tahun 80-an, Back to the Future dimana terdapat adegan tokoh utama membuka pintu dengan sidik jari saja. Pengguna tinggal menaruh jarinya di tempat yang disediakan dan pintu akan terbuka.

Nah, teknologi ini sekarang sudah umum digunakan di smartphone untuk membuka kunci handphonemu. Sistem absensi juga sudah menggunakan fingerprint bukan?

Drone

Lagi-lagi film Back to the Future pernah mengkhayalkan sebuah teknologi yang mirip seperti drone. Dalam hal ini, sebuah drone dari perusahaan media memfoto seseorang yang sedang ditangkap polisi. Drone tersebut mampu mengambil foto tersebut tanpa bantuan orang lain.

Sekarang drone bisa kamu temukan di mana saja. Mulai dari militer sampai masyarakat biasa, sering memanfaatkan drone untuk mengambil foto. Hal ini membuktikan bahwa kita sekarang hidup di masa depan, keren juga ya!

 

Lengan Bionik

Dalam film Star Wars Episode V tahun 1980, Luke kehilangan tangannya saat duel melawan musuhnya. Sebagai gantinya, Luke mendapat lengan robotik yang bisa bergerak layaknya tangan biasa. Tangan tersebut terbuat dari bahan metal kuat sehingga bisa digunakan sehari-hari.

Dan sekarang tangan ini sudah banyak dikembangkan untuk mereka yang kehilangan tangan. Alhasil, kehidupan mereka jadi lebih baik daripada sebelumnya.

 

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar