GamesHealthTau Gak Sih?

Ini Dia Tiga Manfaat Mainan untuk Anak-anak

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, masih inget ga apa mainan favoritmu waktu masih anak-anak? Meski masa-masa bermain dengan mainan saat masih kecil itu sangat singkat dan telah berlalu, pasti kamu punya kesan-kesan yang tak terlupakan.

Nah, ngobrolin soal mainan, mungkin saat kamu masih kecil gak pernah kepikiran gimana manfaat dari mainan yang sering kamu mainkan itu. Sekaranglah saatnya kamu tahu apa aja manfaat mainan itu buat anak-anak.

Pertama, mainan bisa merangsang imajinasi. Sebagaimana yang dikutip dari Squinkies, anak-anak mengubah setiap pengalaman menjadi pelajaran. Karena itulah, mengapa ada istilah bahwa anak-anak belajar segala sesuatu secara natural.

Mainan yang punya banyak warnalah yang bisa menstimulus imajinasi anak ini. Mungkin orang dewasa hanya melihat balok-balok yang disusun anak itu biasa saja. Tetapi anak justru bisa membayangkan apa yang disusunnya adalah sebuah istana.

Kedua, mainan bisa mengajarkan anak pada ikatan sosial. Kalau tadi mainan yang berwarna bisa menumbuhkan imajinasinya, sekarang mainan juga membawa pelajaran sosial pada anak.

Ini terjadi saat anak-anak itu bermain dengan melibatkan anak lainnya. Hal ini bahkan dikatakan akan membantu anak dalam membangun ikatan sosial saat masuk sekolah dan untuk kegiatan yang lainnya.

Ketiga, mainan bisa mengembangkan kemampuan motorik. Kemampuan ini meliputi keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata dengan tangan.

Mainan seperti ‘kotak harta karun’ yang memungkinkan anak untuk berpetualang dan bekerja sama dengan temannya dapat meningkatkan kejeliannya untuk menggunakan mata dan tangannya.

Nah, pada tiap permainan yang telah diakses anak bisa memperkaya pengalamannya, dan kayanya pengalaman ini akan berpengaruh pada kesehatan dan kebahagiaan anak saat mereka menjalani masa dewasanya nanti.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close