Science

Ini yang Terjadi Pada Otak Manusia Ketika Mengisolasi Diri

Palingbaru – Pada dasarnya, manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya. Namun, apakah PiBi pernah berpikir, apa yang terjadi jika seorang manusia nekat mengisolasi diri dari interaksi sosial?

Dilansir dari  Science Alert, seorang pemain poker kaya dari Amerika, Rich Alati bertaruh sebanyak $100,000 untuk mengisolasi dirinya selama 30 hari di ruangan gelap pada November 2018 lalu.

Alati harus mengisolasi diri dalam sebuah ruangan kecil dan gelap dengan kasur, kulkas, dan toilte kecil. Mengawali taruhan dengan optimis, Alati gagal menjalani tantangan ini dan hanya bisa bertahan selama 20 hari.

Berdasarkan pengalamannya, Alati menyatakan berbagai efek negative yang muncul selam ia mengisolasi diri. Isolasi ekstrem yang ia lakukan menimbulkan berbagai efek negative pada pikiran dan tubuhnya. Mulai dari perubahan siklus tidur dan halusinasi.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa orang yang mengisolasi dan kesepian akan memiliki sistem imun tubuh yang berbeda dalam menanggapi virus yang masuk dalam tubuh manusia tersebut. Hal ini bisa menimbulakn munculnya penyakit tertentu.

Mengisolasi diri juga dapat menimbulkan depresi yang membuat manusia kehilangan kemampuan membuat keputusan serta kemampuan mengingat yang berkurang.

Berinteraksi dengan manusia lain merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. So, PiBi juga perlu menjalin hubungan dengan orang lain secara berkala untuk tetap memiliki mental dan tubuh yang sehat.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close