HealthNews & Information

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Sedang Bad Mood Menurut Penelitian

Palingbaru – Bad mood merupakan hal yang pasti PiBi pernah rasakan setiap harinya. Bad mood bisa terjadi karena pengaruh sosial maupun perubahan hormon dalam tubuh, misalnya ketika PiBi sedang datang bulan. Bad mood merupakan emosi yang terbentuk dari bebagai jenis perasaan, mulai dari marah, sedih, kecewa, kesal, dan berbagai perasaan negatif lainnya.

Pernahkah PiBi merasa lemas atau lesu dan tidak bersemangat ketika sedang bad mood? Perubahan emosi negatif pada perasaan kamu ternyata dapat mempengaruhi kondisi tubuh.

Dilansir dari Penn State, bad mood bisa menyebabkan penurunan sistem imune atau daya tahan tubuh kamu. Penn State University di Pennsylvania, Amerika melakukan percobaan untuk mengungkap fakta satu ini.

Tim peneliti mengumpulkan 220 anak muda sebagai partisipan dan melakukan pemeriksaan pada kesehatan mereka dalam kondisi emosi normal. Lalu mereka menugaskan partisipan untuk menuliskan perasaannya selama 2 minggu dan melakukan tes sample darah.

Setelah dilakukan peninjauan, didapatkan dari data emosi melalui catatan dan record kesehatan dari sample darah, sistem imune tubuh partisipan menurun ketika sedang bad mood. Keadaan stres yang terus menerus terjadi dapat meningkatkan hormom kortisol dan adrenalin. Reaksi hormon dalam tubuh saat bad mood juga bisa mempengaruhi tekanan darah.

Berdasarkan pemaparan di atas, sekarang PiBi jadi tahu mengapa orang bisa sampai pingsan ketika mendengar kabar buruk atau sedang tertekan.

So, PiBi harus pandai-pandai mengatur mood untuk menjaga kesehatan tubuh PiBi.

by Bernadetta Yucki

 

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close