News & InformationScience

Inilah Alasan Dibalik Kemunculan Déjà vu  

PalingBaru- Sahabat Pibi, kamu sering nggak sih merasa, ketika berada di tempat baru atau suasana baru yang sama sekali belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, namun seolah-olah kamu sudah pernah mengalami hal tersebut.

Nah, kejadian itu dinamakan Déjà vu, berasal dari bahasa Perancis yang artinya ‘sudah pernah melihat’.

Ternyata ada beberapa alasan dibalik munculnya Déjà vu ini. Setidaknya ada tiga teori yang menjelaskan tentangnya, yuk kita simak dibawah ini.

  1. Memori Error
Ilustrasi

Teori ini menjelaskan Déjà vu terjadi karena otak saat menerima sensor untuk menyimpan memori tiba-tiba mengalami masalah, sehingga mengambil jalan pintas.

Hal ini menyebabkan ingatan jangka pendek dan jangka panjang di dalam otak mengalami masalah. Akibatnya, informasi yang seharusnya tersimpan di jangka pendek malah masuk ke jangka panjang.

Sehingga ketika masalah ini muncul, seolah-olah kamu merasakan ingatan yang jauh di masa lalu, padahal sebenarnya hal tersebut adalah ingatan jangka pendek. Inilah yang memunculkan déjà vu.

  1. Pengingat
Ilustrasi

Déjà vu muncul karena otak mu sedang berusaha mengingat kejadian tertentu. Mulai dari objek, bau hingga suara yang pernah dikenali. Ketika otak berusaha mengingat, maka akan memicu ingatan yang tersimpan.

Sehingga muncul masalah familiar pada situasi yang sedang terjadi, padahal kejadian tersebut termasuk baru dalam kehidupanmu.

  1. Pemikiran Terpola
Ilustrasi

Teori ini menjelaskan bahwa otak memiliki kapasitas yang menakjubkan untuk mengenali dan mengingat sebuah pola. Tak hanya yang terlihat saja namun suara, bau dan suasana juga. Ketika kamu mengalami pola yang sama, secara tidak langsung perasaan déjà vu itu muncul. Penyebabnya, otak salah mengingat, sehingga mengambil potongan ingatan yang tidak ditemukan atau tidak diketahui.

Nah Sahabat Pibi,… Bagaimana, sudah tahu-kan alasan kenapa déjà vu bisa muncul.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close