I Like ItTau Gak Sih?

Inilah Fakta Unik Tentang Bulan Desember

PalingBaru– Halo Sahabat Pibi,

Desember, merupakan bulan terakhir dalam satu tahun ini yang sering dianggap sebagai bulan penuh suka cita karena semua orang bersiap dan menanti untuk menyambut Natal dan Tahun Baru. Sebagai bulan terakhir, ada fakta menarik lho di bulan Desemer ini. Kira-kira apa aja ya ? Cek ulasan di bawah ini ya.

  1. Peringatan Hari AIDS

Pada bulan inilah seluruh manusia di dunia memperingati Hari AIDS Internasional tepatnya pada tangga 1 Desember. AIDS atau Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus HIV atau Human Immunodeficiency syndrome. Tak heran apabila pada bulan ini kampanye tentang AIDS terdengar dimana-mana.

  1. Bulan Hak Asasi Manusia

Bulan Desember juga terkenal sebagai bulan Hak Asasi Manusia Internasional. Pasalnya pada tanggal 10 Desember diperingati sebagai hari Hak Asasi Manusia Internasional. Peringatan tersebut bertujuan untuk mengingat kebebasan warga Afrika Selatan dan demokrasi di Amerika sejak tahun 1948.

  1. Cangkok Jantung Pertama Kali

Jantung adalah salah satu alat vital yang paling penting dalam tubuh. Apalagi, penyakit jantung merupakan penyakit yang paling mematikan dengan angka kematian tertinggi di dunia. Solusinya, untuk mengatasi masalah gagal jantung yakni dengan cangkok jantung. Dan ternyata, cangkok jantung atau yang biasa disebut transplanrasi jantung pertama kali dilakukan pada tanggal 3 Desember 1967.

  1. Penerbangan Pertama

Pada tanggal 17 Desember 1903 menjadi hari pertama penerbangan pesawat lho. Wright bersaudara dari Amerika Serikat yang merupakan penemu pesawat terbang pertama kali. Inilah menjadi titik awal perkembangan penerbangan di dunia.

  1. Nama Desember

Nama Desember berasal dari kata decem yang dalam bahasa Romawi Kuno memiliki arti sepuluh. Pasti kamu bingung kenapa kok sepuluh, padahal harusnya kan ke 12 ya ? Hal ini disebabkan karena sebelumnya bangsa Romawi hanya memiliki sepuluh bulan dalam satu tahun tanpa bulan Januari dan Februari. Walaupun kedua bulan baru itu ditambahkan, tetap saja nama bulan Desember tidak diubah.

Selain fakta unik diatas masih banyak peringatan hari yang di tempatkan pada bulan Desember. Antara lain hari Difabel International, hari Relawan Nasional, hari Penerbanggan Sipil maupun hari pemberantasan korupsi.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close