AnimalNews & Information

Tahukah Kamu, Koala Adalah Hewan yang Tidak Pernah Minum Sepanjang Hidupnya

PalingBaru- Sahabat Pibi, gimana sih reaksi kamu kalau melihat Koala ?

Binatang yang kerap dijadikan ikon Australia ini memang memiliki bentuk kecil dan imut. Dan kamu yang melihatnya pasti dibuat gemas.

Koala merupakan binatang marsupial atau yang biasa disebut dengan binatang mamalia berkantung yang sama dengan kangguru. Nama koala sendiri berasal dari bahasa Aborogin Australia yang dapat diartikan “tidak minum”.

Dan sesuai namanya, Koala adalah hewan yang tidak pernah minum air selama hidupnya. Untuk bertahan hidup, Koala harus bertengger dan memeluk pohon eukaliptus.

Sehari-hari ia memakan daun pohon eukaliptus yang memiliki aroma seperti bau minyak kayu putih.

Ketika musim panas tiba, beberapa hewan akan mencari air munum, namun Koala memilih untuk memeluk erat batang pohon eukaliptus dan memakan daun sebanyak-banyaknya.

Dan ternyata dari daun eukaliptus inilah koala mendapatkan asupan kebutuhan air. Untuk memiliki cadangan air, koala menyimpan daun ini pada kedua pipinya agar tidak kehausan dan kelaparan.

Lucu juga ya, Sahabat Pibi, makanya pipi Koala terlihat sangan tembem dan menggemaskan.

Lalu apa alasan Koala selalu memeluk pohon ekaliptus ya ? Ternyata pohon eukaliptus seperti AC alami untuk koala. Batang pohon ini lebih dingin lima derajat celcius daripada suhu udara di sekitarnya.

Oleh karena itu, Koala akan mendekap erat pohon eukaliptus dengan tujuan mendinginkan tubuhnya saat musim panas karena bisa mengurangi penguapan air dari tubuh Koala.

Selain itu, walaupun terlihat menggemaskan, Koala memiliki bau yang kurang sedap loh. Banyak orang mendeskripsikan Koala berbau seperti urine. Ini karena Koala dewasa menggunakan bau tersebut sebagai penanda wilayah mereka.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close