News & InformationScience

Inilah Penyebab Munculnya Aurora, Cahaya Indah di Langit Kutub

PalingBaru- Sahabat Pibi, pernahkah kamu melihat cahaya bewarna hijau atau terkadang merah muda yang seolah menari di langit ?

Yap, benar sekali. Cahaya tersebut bernama Aurora. Fenomena ini merupakan fenomena alam yang sangat indah dan menakjubkan. Biasanya fenomena ini sering muncul pada waktu malam hari di sekitar kutub utara maupun selatan.

Penampakan aurora sumberfoto reddit.com

Aurora terjadi di lapisan ionosfer, penyebabnya adalah medan magnet planet berinteraksi dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari.

Auroa muncul karena miliaran partikel yang di lemparkan Matahari dengan kecepatan tinggi, yakni sekitar 500 mil per detik dalam sebuah pancaran cahaya. Kemudian partikel dari pancaran ini menumpuk di udara dan terhisap oleh magnet Bumi di kutub utara dan kutub selatan.

Fenomena munculnya aurora saat langit gelap. Tak lama kemudian muncullah cahaya terang benderang yang indah berwarna warni, seperti merah, hijau persis lembayung senja.

Buat kamu yang ingin melihat fenomena aurora adalah saat langit terlihat gelap namun saat cuaca yang cerah, disitulah aurora akan Nampak lebih jelas.

Namun sayangnya, di negara kita, fenomena aurora memang hampir tidak terjadi. Ini karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa. Sedangkan aurora merupakan partikel yang terhisap oleh magnet bumi di sekitar kutub utara dan selatan.

Untuk menikmati Aurora kamu bisa pergi ke negara Alaska, Finlandia, Kanada, Norwegia, dan Islandia.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close