EventNews & Information

Inilah Sejarah Singkat Peringatan Hari AIDS Sedunia  

PalingBaru- Sahabat Pibi, seperti yang kita tahu setiap tanggal 1 Desember, dunia internasional memperingati hari HIV AIDS Sedunia.

Tahun ini tema utama peringatan hari AIDS adalah “Kenali Statusmu”, tujuannya adalah mendorong semua orang mengetahui statusnya apakah terinfeksi HIV AIDS atau tidak, caranya dengan memeriksakan diri di laboratorium klinik. Sehingga mendapatkan layanan pencegahan, pengobatan, dan perawatan. Selain itu, mendesak pembuat kebijakan untuk membentuk agenda kesehatan “sehat semua” untuk menuntuaskan masalah HIV AIDS.

HIV AIDS adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, merupakan virus yang menjadi penyebab AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome), yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Untuk memerangi masalah ini, tahun 1987 James W. Bunn dan Thomas Netter, mencetuskan kampanye hari HIV AIDS sedunia, agar semua pihak menaruh perhatian yang sama atas masalah ini.

Tahun 1988, konsep tersebut dibahas dalam pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia untuk pencegahan AIDS. Sejak saat itulah, 1 Desember diperingati oleh pemerintah hingga organisasi internasioal sebagai Hari AIDS Sedunia.

Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) mulai bekerja pada 1996. Setiap tahunnya mereka selalu memperingati hari Aids dengan tema-tema yang berbeda.

Pada dua tahun pertama, tema Hari AIDS selalu dipusatkan pada anak-anak dan anak muda. Namun, malah menuai kritikan tajam, karena tidak hanya anak-anak saja yang terkena HIV AIDS melainkan seseorang berusia apapun.

Sejurus kemudian, mulai tahun 2004, UNAIDS memimpin kampanye Hari AIDS Sedunia, dengan memilih tema tahunan melalui konsultasi dengan organisasi kesehatan global selanjutnya.

Indonesia pun tak ketinggalan, pada hari ini kita selalu merayakan hari AIDS, salah satunya acara yang diadakan forum LSM Peduli AIDS.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close