HealthNews & Information

Inilah Senjata Rahasia Kafein, Sang Pelenyap Rasa Kantuk

PalingBaru- Apa yang kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk ditengah tegah sedang bekerja ? Yap, umumnya kita akan mengandalkan kopi untuk menghilangkan kantuk itu. Tapi tahukah kamu apa rahasia dibalik kopi, sehingga dapat menghilangkan rasa kantuk itu.

Ternyata senjata rahasia itu adalah karena kandungan Kafein di dalamnya.

Kafein, bukan hanya terdapat di dalam kopi lho. Beberapa minuman lain seperti teh, soda, hingga minuman energi juga mengandung kafein. Tapi bagaimana ya, caranya kafein bisa mencegah rasa kantuk pada diri kita.

Pakar neurologi Nora Volkow di Brookhaven National Laboratory di Upton, New York, mengungkap bagaimana kafein bisa mencegah rasa kantuk dengan mengubah otak kita.

Ternyata, berdasarkan hasil penelitian kafein merangsang aktivitas alami zat kimia di otak yang disebut dopamine sehingga menciptakan rasa senang di otak.

Berbeda dengan kokain yang membanjiri otak dengan dopamine sehingga membuat orang kecanduan. Kafein menambah jumlah reseptor di otak yang dapat menerima molekul dopamine sehingga membuat seseorang merasa lebih segar dan bersemangat.

Nora Volkow menjelasakan ketika seseorang kekurangan tidur, jumlah reseptor dopamine akan menurun. Namun kafein bisa memblokirnya untuk mencegah rasa kantuk.

Kendati demikian, bukan berarti kamu bisa mengkonsumsi kafein berlebihan lho ya. Psikolog klinis dari American University, Laura Juliano memperingatkan apabila terlalu banyak mengkonsumsi kafein maka akan memunculkan dampak negatif pada tubuh seseorang, seperti sakit kepala, mual, hingga kelelahan yang berlebihan.

Jadi, intinya boleh mengkonsumsi kafein, namun dengan kadar yang sewajarnya ya sahabat Pibi!

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close