Uncategorized

iPhone 2016 ini ternyata bukan iPhone 7, Tapi iPhone 6SE?

Apple baru saja selesai menghasilkan paket handset dengan nama iPhone 6SE. Begitu, kabar atau yang di hembuskan oleh sumber di Cina, situs Apfelpage.de pada hari Senin (25 Juli 2016).

Bicara rumor, bicara sesuatu yang tidak pasti. Bisa jadi benar, bisa juga tidak salah, hahaha. Ya..rumor yang mendekati kebenaran atau tidak salah, itu..sangat tergantung pada perkiraan dan membaca situasi yang tepat.

Seperti kabar yang ramai diperbincangkan, seorang reporter mobile dari situs Venturebeat.com, Evan Blass berkicau, “iPhone 2016 akan rilis pada 12 September 2016.”.

Tapi, sehari setelah itu, Evan Blass mengklarifikasi jika lebih tepatnya iPhone 2016 akan mulai dijual pada tanggal 16 September 2016. Selain itu, 4 hari sebelumnya, pada tanggal 18 Juli 2016, Evan Blass juga membocorkan jika iPhone 2016 nanti akan ada 2 model dari iPhone 2016 yang akan rilis. Dia memberi kode dengan nama “Sonora” dan “Dos Palos“.

Banyak yang menduga bahwa kedua kode nama tersebut adalah iPhone 7 dan iPhone 7 Pro. Kalau benar begitu, tentu pernyataan Evan Blass ini berbanding terbalik dari kabar yang sudah santer terdengar sebelumnya, jika iPhone 2016 akan hadir dengan 3 model, iPhone 7, iPhone 7 Plus dan 7 Pro.

Rumor Dua Model iPhone 7 dan iPhone 7 Pro 

Tapi, jika melihat kicauan Evan Blass sebulan yang lalu. Dia meminta kita berhenti untuk menyimpulkan iPhone 2016 adalah “iPhone 7”, karena menurutnya itu tidak sebanding.

Saat ini, gambar rumor yang beredar tentang “iPhone 7” ini desainnya agak mirip iPhone sebelumnya, yaitu “iPhone 6”. Padahal, biasanya ketika Apple meluncurkan iPhone dengan nama angka yang baru, itu desainnya berbeda dengan iPhone angka sebelumnya. Contohnya saja, iPhone 4 berbeda dengan iPhone 3, iPhone 5 berbeda dengan iPhone 4, dan iPhone 6 berbeda dengan iPhone 5. Masa sih iPhone 7 desainnya hampir mirip dengan iPhone 6?

Rumor iPhone 7 (atas) Desainya Hampir Mirip iPhone 6s (bawah)

Pada kenyataanya, Apple membuat desain iPhone yang mirip dengan versi sebelumnya adalah iPhone varian, misalnya iPhone 4 dengan iPhone 4s, iPhone 5 dengan iPhone 5s atau iPhone SE. Mungkin, pertimbangan inilah yang menyebabkan Evan Blass meminta kita berhenti mengatakan jika iPhone 2016 adalah iPhone 7. Lalu? jika iPhone 2016 adalah bukan iPhone 7? iPhone apakah itu ?

Rumor Dua Model iPhone 7 Pro dan iPhone 7 (sumber: Apple Insider)

Sebelum membahas iPhone apakah itu, ada baiknya kita ingat dulu kebiasaan Apple merilis iPhone seri apa saja dari tahun ke tahun. Kebiasaan Apple merilis suatu iPhone itu ternyata mempunyai pola, biasanya akan berganti seri (nama angka) setiap 2 tahun sekali. Sedangkan pada tengah-tengahnya, Apple merilis varian “S” seri sebelumnya. Lihat siklus Apple merilis iPhone dibawah ini.

Sikus Apple merilis iPhone Baru (sumber: EverythingApplePro)

Nah, kalau melihat siklus dari Apple dari tahun ke tahun, sudah semestinya iya iPhone 2016 itu adalah iPhone 7? Tunggu dulu, seperti diawal tadi sudah dijelaskan, baru saja ada situs dari Cina yang mengatakan jika Apple baru saja menyelesaikan produksi dari iPhone 6SE. Sayangnya, kabar tersebut tanpa disertai foto dan bukti lainnya.

Tetapi, menurut situs Appleinsider.com, Apple akan menyelesaikan desain ulang iPhone yang berbeda dengan iPhone 6 itu baru tahun 2017, bersamaan dengan merayakan anniversary ke 10 tahun menjadi the bestselling mobile device. Selain itu, model tahun depan akan menampilkan Chassis atau rangka yang semuanya dari kaca, serta memiliki display OLED dengan komponen seperti FaceTime Camera dan earpiece yang terintegrasi dengan layar.

Berarti, jika melihat siklus Apple dan Apple akan melalukan hal yang sama pada tahun ini, sudah bisa dipastikan kalau gambar yang selama ini beredar benar-benar iPhone 7 dan diluncurkan september nanti.

Tapi, jika melihat pernyataan Evan Blass sebulan yang lalu, pernyataan kemaren yang mengejutkan oleh Apfelpage.de, kebiasaan Apple mendesain iPhone, dan pernyataan dari Appleinsider.com diatas, bisa jadi September nanti Apple akan mengeluarkan iPhone 6SE.

Yang pasti, semua berharap akan terungkap pada bulan September nanti. Jadwal ini sesuai dengan kebiasaan dan rentan waktu Apple merilis iPhone seri baru. Jadi, sebaiknya, jadwalkan kalendar di handphonemu pada tanggal 12 September hingga 16 September 2016.

Supaya kita tidak ketinggalan tentang event Apple yang akan mengungkap seri iPhone apa yang sebenarnya akan dirilis pada bulan September nanti, apakah itu iPhone 6SE atau iPhone 7, bahkan mungkin juga sesuatu yang sama sekali lain dari rumor yang beredar.

Rumor iPhone 7 dengan Display OLED, Virtual Home Screen dan Layar Lebih Besar

Nantinya, semakin dekat dengan hari H, rumor akan semakin jelas. Oleh karena itu, kalau kebetulan kamu sibuk pada tanggal-tanggal tersebut, tetap ikuti saja PalingBaru.com agar kamu tidak ketinggalan kabar paling baru tentang iPhone 7 dan iPhone 6SE saat ini.

(FM)

Baca Juga: 

5 Rumor Santer Iphone 7 Yang Akan Rilis

Google Tak Mau Kalah Dengan Apple, Sudah Siap Luncurkan OS Baru Yang Ada Di Apple!

HP Resmi Meluncurkan Laptop Tertipis di Dunia Yaitu HP Spectre, Laptop Ini di Klaim Menjadi Kompetitor Apple MacBook 12 Inci!

Mencari Tips & Bantuan Informasi Apple? Sekarang Lebih Mudah Bisa Melalui Akun Resmi Twitter Apple!

Apple Resmi Merilis iPad Pro Berukuran 9,7 inchi, Lengkap Dengan Harganya!

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close