Siapa nih dari kamu yang masih aktif menggunakan Facebook? Sebagian besar anak muda memang sepertinya sudah mulai meninggalkan media sosial raksasa ini. Tapi, ternyata jumlah pengguna Facebook masih paling banyak dibandingkan media sosial lain, lho. Berdasarkan data pada Juli 2017, pengguna Facebook setiap bulannya mencapai 2 miliar orang!

Facebook juga menjadi media sosial yang berhasil menggeser ketenaran MySpace dan Friendster beberapa tahun yang lalu. Apakah ini sudah saatnya untuk Facebook tergeser dengan media sosial baru?

Investor teknologi dan co-founder Weblogs Inc, Jason Calacanis menggelar Openbook Challenge untuk mencari tim yang bisa membangun jejaring sosial baru yang bisa menggantikan Facebook.

Tidak tanggung-tanggung, Jason menawarkan untuk mendanai 7 tim terbaik dengan dana 100.000 USD untuk tiap-tiap tim. Jason juga akan mengajak 7 tim terpilih untuk mengikuti kegiatan inkubasi selama 12 minggu.

Informasi tentang kompetisi itu dikabarkan Jason lewat website http://openbookchallenge.com.

Pada laman itu, ia berharap untuk menemukan tim yang bisa mengembangkan jejaring sosial terbaik. Namun, jejaring sosial itu wajib untuk tidak memanipulasi pengguna dan mengedarkan informasi yang dipercayakan pada platform buatan mereka.

Kompetisi tersebut sudah dibuka, dan kamu bisa mendaftarkan tim lewat http://openbookchallenge.com. Jason akan memilih 20 tim sebagai finalis dan berkomunikasi dengan mereka selama 60 hari. Setelah 60 hari, Jason akan memilih 7 tim dan menginvestasikan 100.000 USD untuk pengembangan platform, serta mengajak mereka mengikuti inkubasi di gelaran Angel Summit pada Juli 2018.

Jason mengatakan kompetisi tersebut akan menjadi ajang dan kesempatan yang bagus untuk para entrepreneur yang ingin membuat kompetitor Facebook. Terutama bagi yang selama ini telah mncoba namun selalu gagal karena berbagai masalah.

Ello

Dilansir dari Mashable, bahkan Google pun sempat mencoba mengalahkan Facebook dengan jejaring sosial minimalis bernama Ello pada 2014. Namun percobaan itu gagal dan malah Ello berubah menjadi platform sejenis Pinterest saja.

Keren banget kan kompetisi ini, PiBi. Tertarik untuk mencobanya? Siapa tahu kamu bisa menggantikan popularitas Mark Zuckerberg.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar