ScienceSpace

Jangan Lewatkan! Beberapa Hari Lagi, Komet Wirtanen Akan Melintasi Langit Bumi

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, kamu pernah liat komet yang melintas saat malam hari? Kalau sudah atau belum, pasti kamu penasaran soal ini. Karena komet yang melintas di langit bumi ini merupakan fenomena yang jarang terjadi.

Kita mungkin sudah terbiasa dengan matahari terbit dan terbenam, tetapi kalau soal kilatan cahaya dari komet, itu masih sangat asing.

Sebagaimana dikutip dari The Independent bahwa Hari Natal tahun ini akan dimeriahkan oleh kehadiran satu komet. Namanya adalah komet Wirtanen.

Komet ini merupakan salah satu anggota dari keluarga komet Jupitaer dan memiliki orbit yang pendek dalam mengelilingi matahari, sekitar 5,4 tahun.

Komet ini berukuran mungil yang diperkirakan seluas 1.2 km.

Komet ini berjalan mendekati bumi pada 16 Desember dengan jarak kedekatannya sekitar 12 juta km. Jarak tersebut tidak hanya sampai di sana, komet ini akhirnya semakin dekat dengan gugus bintang bernama Pleiades.

Walau jaraknya akan dekat dengan bintang-bintang tersebut, diperkirakan cahaya dari komet sendiri tidak akan kalah. Paling tidak, cahaya komet itu seterang bitang-bintang di Pleiades.

Sumber : www.cbcnews.com

Nama komet tersebut berasal dari orang yang pernah menemukannya pada 1948, yakni Carl Wirtanen. Ia adalah seirang astrotom Amerika Serikat yang bekerja di Lick Observatory yang terletak di California.

Selain menemukan komet, Wirtamen juga telah mengungkap delapan asteroid yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Dari penemuan asteroid tersebut, satu di antara komet itu dinamai dengan namanya, Wirt.

Nah, gimana, sudah siap untuk pasang mata buat komet ini?

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close