HealthInspirationNews & Information

Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin, Ini Alasannya

Palingbaru – Mungkin Sahabat Pibi punya kebiasaan rutin dalam konsumsi suplemen nutrisi seperti vitamin, dengan harapan bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara umum dan mencegah penyakit kronis.

Namun, sebagaimana dikutip dari Science Alert, dosis yang tinggi dalam konsumsi suplemen nutrisi seperti beta caroten, vitamin E dan vitamin A, hanya punya peran yang kecil dalam pencegahan pada penyakit kronis.

Dengan mengonsumsi suplemen tersebut, justru ditemukan fakta tentang kurangnya mikronutrisi khusus.

Pada penelitian terbaru yang menggunakan data acak dari klinik pecobaan yang dilakukan di Denmark. Penelitian itu menyingkap tidak adanya peran dari suplemen nutrisi seperti selenium untuk membantu pencegahan pada penyakit diabetes.

Selain itu, ditemukan juga beberapa bukti tidak efektifnya beberapa gaya hidup yang ditujukan untuk kesehatan secara umum pada tubuh dan pencegahan pada penyakit kronis.

Gaya hidup itu misalnya peningkatan pada kualitas diet, meningkatkan aktivitas fisik, menjauhkan diri dari rokok, memelihara pola hidup sehat dan menekan stres.

Dalam studi lain yang dilakukan di Amerika Serikat, ditemukan peningkatan pada risiko diabetes pada individu yang mengonsumsi suplemen selenium dengan dosis yang tinggi.

Namun, konsumsi makanan dan nutrisi yang mengandung suplemen selenium telah meningkat beberapa tahun terakhir di negara seperit AS dan beberapa negara Barat lainnya.

Hal ini terjadi karena ada anggapan bahwa selenium dan suplemen antioksidan lainnya bisa mengurangi penyakit kronis.

Gimana Sahabat Pibi, masih mau gak ngandelin suplemen vitamin yang ini dengan dosisi tinggi?

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close