News & InformationScience

Jepang Temukan Mineral Tanah Langka di Wilayah Pantainya

Palingbaru– Hai sahabat Pibi, sebagaimana yang kamu ketahui bahwa sumber daya alam di bumi kita ini semakin menyusut seiring berjalannya waktu.

Namun, di saat kondisi yang begini, ada kabar menakjubkan dari Jepang, sebagaimana dikutip dari Science Alert, negeri sakura itu berhasil menemukan mineral tanah langka di pantainya.

Menariknya, endapan mineral itu diperkirakan bakal memenuhi kebutuhan manusia hingga ratusan tahun ke depan. Perhitungan itu sebagaimana tercantum dalam penelitian dari temuan ini yang dipublikasikan di jurnal Nature pada April 2018.

Mineral ini berguna untuk banyak hal dari pembuatan untuk batrai ponsel pintar hingha kendaraan listrik. Mineral-mineral ini mengandung satu atau bahkan lebih 17 elemen logam.

Kalau kamu membuka tabel periodik, mineral yang dimaksud ini ada di baris ke dua dari bawah daftar istilah-istilah bahan kimia tersebut.

Ilustrasi

Unsur-unsur mineral ini benar-benar melimpah dalam lapisan kulit bumi tapi, biasanya mereka berpecar-pencar. Karena itulah, mineral ini terbilang langka ditemukan dalam keadaan menyatu  sebagai mineral yang bisa diekstraksi.

Akhir-akhir ini, baru hanya ada sedikit area yang mengandung mineral ini yang dapat hidup berkelanjutan secara ekonomi, lantaran mineral itu umumnya menguras biaya yang tinggi untuk proses ekstaksinya.

Selama beberapa dekade ini, Cina telah mengendalikan banyak tempat yang menyuplai mineral langka ini. Hal itu memaksa Jepang, sebagai negara yang punya manufaktur elektronik yang besar, untuk bergantung pada harga yang diatur Cina.

Atas penemuan ini, dipercaya kondisi ekonomi dunia akan berubah.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close