News & InformationScience

Kabar Baik, Lubang Ozon Dikabarkan Akan Segera Menutup

PalingBaru – Sahabat Pibi, mungkin kamu pernah menaruh rasa khawatir saat mendengar kabar bahwa lapisan ozon bumi menipis. Yup,.. hal ini karena peran ozon sangat penting bagi seluruh makhluk yang menghuni planet biru ini.

Namun, kali ini ada informasi yang bisa mengobati kekhawatiran tersebut. Dikabarkan lubang ozon akan segara membaik.

Baca Juga : Ilmuwan Temukan Spesies Baru Dinosaurus

Berdasarkan laporan PBB, celah ozon ini terlihat semakin tertutup sepanjang 30 tahun terakhir ini. Seperti yang, dikutip dari Science Alert, kabar ini disebut sebagai fenomena yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tentu saja berita ini membawa angin segar, karena sebelumnya banyak orang berpendapat kerusakan lingkungan sulit diperbaiki. Sekarang justru sebaliknya. Bumi akan kembali ke era 1980-an pada paruh kedua abad 21 ini.

Di balik semua ini, ada satu kelompok penting dalam gerakan perlindungan lapisan ozon, mereka adalah Montreal Protocol on Substances that Deplete the Ozone Layer. Kelompok yang dihasilkan dari perkumpulan beberapa negara di Montreal ini sudah bekerja sejak 1989.

Baca Juga : Ditemukan, Benua Kuno Di Bawah Lapisan Es Antartika

Protokol tersebut bergerak dalam perlindungan lingkungan, dengan cara menghapus secara bertahap zat kimia yang menyebabkan lapisan ozon menipis.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengamandemen beberapa peraturan negara terkait industri yang menghasilkan zat kimia. Kongkritnya, tahun 2016, para delegasi datang ke Kigali, Rwanda. Mereka mendesak penurunan penggunaan hidroflourocarbon dari negara tersebut, sebagai upanya mengatasi pemanasan global.

Baca Juga : Ternyata Ikan Hiu Paus Juga Jalani Test Kehamilan, Beginilah Caranya

Dengan kabar tertutupnya lapisan ozon ini, setidaknya membuktikan bahwa perubahan sosial bisa menekan pemanasan global.

Bagaimana sahabat Pibi, sudah siap buat melakukan perubahan ?

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close