Sastra merupakan sebuah bidang seni yang dituangkan ke dalam karya tulis. Sastra juga bisa dikatakan sebagai buah karya manusia yang disampaikan secara komunikatif oleh balutan estetika. Dengan begitu, tidak sedikit orang yang sering menuangkan apa yang dirasa ke dalam bentuk sastra, misalnya puisi, prosa, cerpen, drama, novel, maupun bentuk sastra yang lainnya.

Sastra juga memiliki banyak pengikut dari setiap kalangan usia dan latar belakang sehingga sastra dianggap cukup penting dalam peradaban manusia, khususnya dalam bidang keilmuan. Namun, semakin maju perkembangan zaman, maka kedudukan sastra mulai tergerus kedudukannya sehingga tak heran kalau banyak pengagum sastra merasa bingung mencari wadah yang tepat seperti sedia kala. Nah, berangkat dari kegelisahan dan problema tersebut, muncullah sebuah platform yang super inovatif, yakni Penakota.

Jadi, Penakota merupakan sebuah platform yang memberikan ruang bagi sastrawan Indonesia untuk mengunggah karya mereka. Karya-karya tersebut nantinya akan dipublikasikan dan ditujukan untuk siapapun yang merasa penikmat sastra. Untuk saat ini, Penakota hanya menyediakan fitur untuk menulis puisi dan cerpen saja. Tapi ke depannya, Penakota akan menambahkan fitur agar pengguna bisa mengunggah karya sastra lainnya seperti novel maupun naskah drama.

Selain untuk tempat menikmati karya sastra, Penakota juga bisa berguna sebagai perlindungan hak cipta. Seperti yang kamu tahu saat ini begitu banyak kutipan-kutipan puisi di media sosial yang tanpa mencantumkan sumber ataupun nama pengarangnya. Hal tersebut tentu merugikan si pengarang karena karya yang dihasilkan dengan begitu mudah ditiru tanpa memberi embel-embel nama.

Kendati masih baru, platform sastra ini sudah memiliki lebih dari 400 penulis loh, PiBi. Jumlah karya yang tercipta juga sudah sangat banyak. Jadi, kalau kamu ngaku penikmat atau pegiat sastra, yuk daftar dan berkarya sekarang juga!

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar