How ToWorking

Kamu Juga Bisa Jadi Creative Content Creator!

Palingbaru – Hidup di era dengan orientasi pada dunia maya atau internet jangan hanya menjadi generasi yang haus perhatian dan suka pamer di social media. Manfaatkan internet sebagai media penyebaran informasi yang benar dan bermanfaat.

PiBi mungkin sudah tidak asing dengan fenomena vlogger atau Youtuber yang meraja rela. Adapula selebgram yang menerima banyak endorse, terkadang hujatan. PiBi juga bisa terkenal seperti mereka, lho. Jangan mau di cap sebagai Youtuber atau selebgram semata, jadilah creative content creator.

Dikutip dari Content Engine, creative content creator adalah seseorang yang secara berkala aktif menciptakan dan mengunggah konten original pada satu atau berbagai platform internet. Profesi ini muncul karena maraknya perkembangan budaya pop, gaya hidup, dan perkembangan media internet secara global.

Tidak harus bekerja kantoran dari jam 8 pagi hingga 4 sore, buat PiBi yang kreatif, berbakat, dan punya jiwa entrepreneurship, kamu juga bisa jadi creative content creator. Namun, kalau kamu cuma sering update Instastory saat makan siang atau sekedar nge-vlog, itu belum masuk dalam content creator. Ingin tahu cara mudah menjadi content creator? Simak beberapa tips berikut.

  1. Mau Berbagi Konten Apa?

1 Kamu Juga Bisa Jadi Creative Content Creator

Hal pertama yang harus PiBi rencanakan pastinya konten apa yang ingin kamu bagikan? Pilih topik konten yang spesifik dan sesuai dengan bakat atau minat kamu. Kalau PiBi punya bakat bernyanyi, bermain alat musik, atau menari, kamu bisa menjadi performer. PiBi bahkan bisa menciptakan sendiri jenis penampilan unik yang mungkin belum pernah ditampilkan oleh orang lain.

Kalau pandai ber-make up atau selalu berpenampilan fashionable, jadi beauty atau fashion influencer juga sangat mungkin kamu rintis. Jika PiBi punya buah pikiran akan topik tertentu, PiBi bisa menulis artikel atau membuat podcast yang sedang populer jaman sekarang.

  1. Menentukan Platform

4 Kamu Juga Bisa Jadi Creative Content Creator

Setelah menentukan konten, tentukan platform apa yang ingin PiBi gunakan untuk menyebarkan informasi. Kalau PiBi pede tampil di depan kamera, kamu bisa membuat video konten kreatif dan diunggah ke Youtube. Kalau lebih memilih untuk menonjolkan visual dan fotografi, gunakan Instagram.

PiBi juga bisa membuat website sendiri yang diawali dengan blog gratis. Harga domain dan hosting sekarang cukup terjangkau bahkan untuk pelajar sekali pun.

Jika ingin cepat viral, dukung dengan tautan social media lainnya seperti Twitter dan Facebook.

  1. Kreatif dan Original

2 Kamu Juga Bisa Jadi Creative Content Creator

Creative content creator yang sudah terkenal sudah cukup banyak sekarang, namun selalu ada kesempatan bagi PiBi untuk menjadi new comer yang siap meroket. Agar mendapatkan perhatian, PiBi harus tampil beda dan original, jangan hanya meniru content creator yang sudah ada terlebih dahulu. Tampil jujur dan jangan ‘sok asik’, utamakan kualitas dan nilai kreatifitas dalam menyuguhkan konten.

Itu tadi beberapa kiat dan tips untuk mulai menjadi creative content creator. Tetap berkarya dan semoga sukses!

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close