HealthNews & Information

Kamu Kurang Percaya Diri? Inilah Penyebabnya

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, kamu mungkin sering merasakan tidak percaya diri. Baik saat di tengah banyak orang atau pun sedang dalam keadaan sendiri.

Tapi kamu nyadar ga, apa sih sebetulnya penyebab dari rasa tidak percaya diri ini? Nah, berikut ini kemungkinan penyebabnya.

Sebagainana kata Barbara Markway, Ph.D, dikutip dari Psychology Today, ia menekankan bahwa rasa kurang percaya diri itu bukan kesalahan dari diri sendiri. Akan tetapi ada penyebabnya, yakni faktor gen, latar belakan sosial, pengalaman saat masih kecil, dan perkara kehidupan lainnya.

Pertama, pengaruh gen dan watak. Dalam beberapa kasus, perasaan tidak percaya diri itu sudah terbangun sejak lahir. Tetapi bukan berarti kita bisa menuding diri sendiri sebagai sumber masalahnya.

Berdasarkan penelitian, susunan gen kita mempengaruhi jumlah pendorong rasa percaya diri kimiawi yang dapat diakses oleh otak.

Hormon seperti Serotonin, sebuah neurotransmiter atau saraf pembawa pesan dari otak ke bagian tubuh lainnya; berkaitan dengan rasan senang.

Kemudian, beberapa kelakuan juga timbul dari watak. Apabila kamu tipikal orang yang selalu bimbang dan selalu berjaga-jaga, khususnya dalam situasi yang asing, kamu mungkin punya kecenderungan “kekangan perilaku”.

Sementara saat kamu menhadapi suatu keadaan, kamu mencoba untuk berhenti dan memeriksa situasi tersebut bila semuanya terlihat seperti yang kamu bayangkan.

Kekangan tingkah laku tidak semuanya buruk, kita butuh beberapa orang yang tidak melompat ke dalam tiap situasi secara impulsif.

Kedua, pengalaman hidup. Jumlah pengalaman hidup seseorang bisa sangat  mempengaruhi perasaan tidak pasti atau bahkan perasaan tidak berguna.

Pengalaman hidup itu meliputi trauma, didikan orang tuan, pengalaman dibuli, dilecehkan. Selain itu, gener, ras dan orientasi seksual juga tercakup dalam pengalaman hidup ini.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close