Sebagian besar populasi manusia di muka bumi ini pasti akan susah menolak pesona ice cream. Rasa yang manis perpaduan susu, buah, dan berbagai campuran lainnya membuatnya menjadi favorit semua kalangan.

Inilah sebabnya para produsen ice cream di seluruh penjuru dunia berlomba-lomba membuat inovasi ice cream baik dari segi rasa hingga tekstur. Nah PiBi yang ngaku pecinta ice cream, wajib tahu nih beberapa olahan ice cream dari berbagai negara yang harus kamu coba!

Dondurma

Sering melihat atraksi dari penjual ice cream saat melakukan penyajian? Nah itu merupakan sebuah atraksi untuk menyajikan ice cream dari Turki yang lebih dikenal dengan nama Dondurma.

Keunikan dari dondurma adalah teksturnya yang lengket dan tidak mudah mencair karena campuran bahan utamanya yaitu adonan tepung dan ekstrak bunga Anggrek.

Es Puter

Dari negeri sendiri ada satu jenis ice cream yang sering ditemui, yaitu adalah es puter. Olahan es yang sering hadir saat acara pernikahan ini memiliki bahan dasar santan, sehingga rasa yang dihasilkan tidak hanya manis namun juga gurih.

Gelato

Sering ditemui di restoran Italia, gelato memang berasal dari negara tersebut. Dengan bahan dasar susu utuh, gelato akan memiliki tekstur yang lebih halus namun tetap padat. Kabar gembira untuk kamu yang menjalani diet, karena gelato merupakan salah satu jenis ice cream yang rendah lemak.

Ice Cream Sandwich

Untuk kamu yang sering ke Singapura pasti tidak asing dengan olahan ice cream ini. Ice cream yang dipotong panjang-panjang dan kemudian dimasukkan ke dalam selembar roti tawar. Dengan harga yang murah, ice cream sandwich sekarang juga sudah banyak ditemui di Indonesia.

Sorbet dan Sherbet

Meski namanya serupa, namun ternyata Sorbet dan Sherbet adalah dua jenis ice cream yang berbeda. Sorbet dan sherbet memang menggunakan buah sebagai bahan dasar pembuatan ice cream, namun yang membedakan ternyata pada kandungan susunya.

Sorbet tidak menggunakan susu, sehingga tekstur ice cream yang dihasilkan akan lebih kasar, berbanding terbalik dengan sherbet yang akan terasa lebih creamy karena memang menggunakan susu.

Kulfi

Sekilas, tampilan kulfi lebih mirip puding susu dibanding ice cream karena teksturnya yang padat. Mirip dengan ice cream, susu dan gula menjadi bahan utama dari kulfi. Untuk menciptakan rasa yang lebih lokal, bumbu khas India seperti kunyit atau kapulaga juga ditambahkan dalam pembuatan kulfi. Beberapa varian rasa tradisional pada kulfi adalah mangga, mawar, kunyit, dan kapulaga

Es Krim Halva

Israel tak mau kalah dengan Turki dalam hal hidangan dingin. Kawasan ini punya ice cream lezat dengan Halva sebagai fitur utamanya. Halva merupakan sejenis makanan manis yang terbuat dari pasta gula dan madu dari sejenis biji-bijian. Ice cream Halva mampu membuat warga Israel lupa akan panasnya cuaca Israel di siang hari.

Jadi ice cream mana nih PiBi yang ingin kamu coba?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar