Film-film superhero dari Marvel Cinematic Universe (MCU) memang selalu menarik perhatian banyak orang, terutama para pencinta film. Sayangnya nih, belum ada film superhero Marvel yang memiliki sutradara perempuan.

Wah, yang benar saja? Bahkan di zaman sekarang ini?

Iya, benar kok PiBi. Padahal, film-film superhero Marvel sudah meraup keuntungan hingga miliaran dolar sampai saat ini. Namun, dilansir dari comicbook, kru perempuan dalam Marvel Studios ternyata masih sangat sedikit. Salah satunya adalah Victoria Alonso yang merupakan Executive VP of Physical Production.

Satu-satunya sutradara perempuan di film superhero Marvel adalah Anna Boden yang saat ini sedang menjadi co-director dalam pembuatan film Captain Marvel. Uniknya, Captain Marvel adalah superhero wanita pertama yang dijadikan sebagai karakter utama dalam film MCU.

Agak miris ya, PiBi. Itu berarti kan representasi gender dalam pembuatan film superhero Marvel selama ini masih kurang sekali.

Memang sih, film Marvel sudah cukup banyak menampilkan karakter superhero perempuan yang kekuatannya bisa mengalahkan superhero laki-laki. Sebut saja Black Widow, Scarlet Witch, Valkyrie, Gamora, dan Princess Shuri. Tapi, kapan dong ada sutradara perempuan yang membuat film superhero Marvel secara independen?

Kalau diingat-ingat, film superhero Marvel berarti masih kalah dengan DC Universe yang sudah memiliki sutradara perempuan. Benar, dia adalah Patty Jenkins yang menyutradarai film Wonder Woman. Patty membuktikan bahwa sutradara perempuan juga tidak kalah keren, PiBi. Buktinya saja film ini meraup keuntungan yang amat besar.

Victoria Alonso sempat menyatakan keinginannya agar representasi gender di Marvel Studios lebih merata lagi. Kru perempuan harus memiliki jumlah yang sama dengan kru laki-laki.

Meski begitu, ia juga mengakui Marvel Studios selama ini tidak menutup kemungkinan akan adanya sutradara perempuan. Hanya saja, mereka memang memilih sutradara terbaik yang bisa membuat film superhero MCU, entah itu laki-laki maupun perempuan.

Film Ant-Man and The Wasp yang akan tayang di bioskop pada liburan musim panas mendatang adalah film superhero MCU pertama yang menyebutkan nama superhero wanita pada judulnya.

Sedangkan film solo superhero wanita MCU baru akan bisa kita saksikan pertama kali pada 2019, yaitu Captain Marvel.

Wah, ditunggu deh adanya sutradara dan kru perempuan yang lebih banyak lagi di Marvel Studios.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar