How ToWorking

Kebiasaan Buruk Saat Belanja yang Bikin Boros

Palingbaru – Belanja merupakan salah satu kegiatan esensial bagi setiap orang. Namun belanja terkadang bisa menjadi kebiasaan buruk jika membuat PiBi justru mengeluarkan uang untuk hal-hal mubazir. Sedari muda, PiBi harus mulai belajar mengontrol diri ketika sedang berbelanja. Mungkin PiBi sendiri masih belum menyadari, kebiasaan buruk apa saja, sih, yang akan membuat PiBi boros saat berbelanja. Berikut beberapa kebiasaan buruk saat berbelanja yang perlu dihindari.

  1. Tidak Fokus dengan Prioritas Barang yang Ingin Dibeli

kebiasaan buruk belanja 4

 

Ketika mendatangi sebuah pusat perbelanjaan, kita akan disuguhkan oleh berbagai pilihan yang membuat kita tertarik oleh hal-hal yang sebetulnya tidak kita butuhkan. Sebelum berbelanja, tentukan apa saja yang ingin PiBi beli terlebih dahulu. Itu mengapa daftar belanja merupakan hal yang penting ketika sedang berbelanja. Tak hanya membuat daftar, PiBi juga harus fokus membeli semua barang yang hanya ada di daftar saja.

  1. Beli Lebih Karena Diskon

kebiasaan buruk belanja 2

Diskon didesain untuk memberikan keuntungan lebih pada pihak penjual, sama sekali bukan untuk untuk memanjakan PiBi sebagai konsumen. Jika PiBi hanya butuh satu barang, jangan membeli dua hanya karena ada diskon. Jangan pula memberi barang hanya karena diskon, kembali pada poin pertama dimana PiBi wajib membeli barang yang dibutuhkan saja.

  1. Membeli Barang-Barang Murah yang Tidak Berguna

kebiasaan buruk belanja 3

Hal ini biasanya berlaku pada PiBi perempuan yang suka berkunjung ke toko aksesoris. Jangan mudah terbujuk untuk membeli barang yang murah hanya karena bentuknya yang lucu. Jika belum dibutuhkan, ada baiknya PiBi tidak mengeluarkan uang untuk barang tersebut. Kebiasaan ini akan membuat PiBi jadi lebih konsumtif, so, tekan hasrat untuk membeli barang yang belum dibutuhkan.

Itu tadi beberapa kebiasaan buruk saat berbelanja yang perlu PiBi hindari. Tetap hemat dan belajar atur keuanganmu, ya!

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close