HealthNews & Information

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Dapat Menurunkan Kinerja Otak

Palingbaru – Menjaga kesehatan merupakan hal yang wajib PiBi lakukan untuk menjaga tubuh yang merupakan aset bagi diri sendiri. Selain mengatur pola makan untuk menjaga organ vital tubuh, PiBi juga harus mulai memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Beberapa kebisaan sepele ternyata dapat merusak sistem kerja otak secara perlahan jika terus menerus dilakukan.

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak sistem kerja otak dilansir dari Health & Human Research.

  1. Melewatkan Sarapan

kebiasaan merusak otak

Apa PiBi suka melewatkan sarapan di pagi hari? Dinamika yang meningkat pada gaya hidup jaman sekarang membuat banyak orang melewatkan sarapan di pagi hari. Padahal, sarapan merupakan waktu paling penting yang tidak boleh dilewatkan. Melewatkan sarapan dapat menurunkan tekanan gula pada darah yang dapat merusak otak jika dijadikan kebiasaan dalam jangka waktu yang panjang. Otak merupakan bagian tubuh yang bekerja paling keras dibandingkan organ lainnya dan membutuhkan 20% asupan gula dari tubuh dalam sehari.

  1. Kurang Tidur

kebiasaan merusak otak (3)

Mungkin PiBi suka begadang untuk main game atau bekerja. Sesibuk-sibuknya pekerjaan kamu, tidur adalah hal yang tidak boleh kamu anggap sepele. Kekurangan jam tidur dapat membuat sistem kerja neuron otak kamu menurun. Hal ini bahkan bisa mempengaruhi performa PiBi di tempat kerja atau sekolah, hingga hubungan dengan pasangan. Idealnya, orang dewasa wajib menyisihkan waktu kurang lebih 5 hingga 8 jam untuk tidur dalam jangka waktu 24 jam.

  1. Mengkonsumsi Fast Food dan Makanan Instan

kebiasaan merusak otak (4)

Sekali pun PiBi anak kos, jangan cuma makan fast food dan makanan instan. Studi menyatakan bahwa obesitas merupakan salah satu pemicu dari dementia, yaitu salah satu gangguan ingatan pada otak yang biasanya menyerang orang lanjut usia. Namun, dengan pola hidup yang tidak sehat, PiBi bisa terkena dementia di usia muda.

Fast food dan makanan instan biasa minim kandungan nutrisi. Jangan hanya mengisi perut dan merasa kenyang itu saja cukup. Otak PiBi juga membutuhkan makanan yaitu berupa vitamin dan nutrisi dari makanan sehat.

  1. Lupa Minum

kebiasaan merusak otak (2)

Masih banyak orang suka melupakan kebiasaan minum air mineral di tengah kesibukan mereka. Jangan sampai PiBi melewatkan kebiasaan satu ini, karena 70% bagian pada tubuh kita terbuat dari air dan kebutuhan akan air harus selalu dipenuhi. Studi menyebutkan bahwa, 2 jam tanpa minum air dapat mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang. PiBi akan jadi linglung, mengalami penurunan sistem motorik pada tubuh, hingga kehilangan fokus.

  1. Kelebihan Gula

kebiasaan merusak otak (5)

Otak PiBi memang perlu membutuhkan asupan gula, namun ketika asupan gula yang diterima terlalu berlebihan, hal ini justru akan merusak sistem kerja otak dalam jangka waktu tertentu. Kelebihan gula dapat menyebabkan peradangan pada otak yang akan mempengaruhi kinerja otak dalam menyerap nutrisi penting yang dibutuhkan oleh otak.

So, jangan lupa tetap menjaga pola hidup agar tubuh PiBi tetap fit dan lancar menjalani rutinitas sehari-hari.

 

by. Bernadetta Yucki

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close