HandphoneHow To

Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya

Jaman serba online sekarang ini yang namanya gadget sudah menjadi barang yang tak bisa lepas dari tangan. Hampir setiap orang dimana pun pegang gadget dan asyik sendiri.

Ada juga sih yang aktif menggunakan ponsel untuk tujuan bekerja, seperti pebisnis online, atau para freelancer. Meski demikian gejala kecanduan perlu kamu ketahui juga nih, agar tahu cara mengantisipasinya.

Gejala atau ciri-ciri kecanduan gadget :

Pertama, selalu memantau gadget sekalipun hanya buka tutup aplikasi media sosial dan dilakukan terus menerus secara berulang.

Kedua, dalam keseharian tidak bisa lepas dari gadget sama sekali. Bahkan ketika gadget harus dicharge pun terus digunakan.

Ketiga, gelisah dan cenderung emosional ketika ada suatu kondisi tidak bisa memegang gadget. Hal utama yang ada di pikiran adalah gadgetnya.

Ke-empat, aktif menggunakan gadget di jam-jam istirahat atau begitu terbangun dari tidur langsung yang diinginkan adalah mengecek gadget.

Nah bila ada gejala semacam itu, maka ada baiknya mengusahakan untuk mulai mengurangi penggunaan gadget. Meskipun mungkin tidak mudah, tetap harus diusahakan sekalipun bekerja sepenuhnya secara online.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan gadget?

Pertama, cari aktifitas lain untuk mengisi wakru selama tidak memegang gadget. Misalnya membaca atau melakukan pekerjaan rumah.

Kedua, mengatur waktu dalam menggunakan gadget. Misal dalam sehari hanya memegang 2 jam pada pagi hari, 2 jam siang hari, dan 2 jam pada malam hari.

Ketiga, belajar puasa gadget dari mulai waktu yang singkat. Contohnya dimulai dengan 10 menit tanpa memegang dan melihat gadget. Bila merasa sukses, tambahkan waktunya hingga mencapai target maksimal.

Ketiga, menjauhkan gadget pada jam istirahat. Misal saat tidur di malam hari, upayakan 1 jam sebelum sudah tidak memegang gadget lagi. Letakkan gadget di ruang berbeda.

Apabila sukses menerapkan upaya diatas, tentu akan banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan. Diantaranya merasa tenang meski tidak sedang memegang gadget, bisa bersosialisasi dengan orang sekitar dengan lebih baik juga, mata dan pikiran juga akan lebih fresh.

Selamat mencoba,……

By Diane Suryaman

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close