HealthHealthNewTechnology

Kecerdasan Buatan ini Berhasil Mendeteksi Kanker Ovarium

Palingbaru – Kanker ovarium yang sangat mematikan telah berhasil dideteksi oleh kecerdasan buatan atau AI. Capaian ini diklaim sebagai sebuah harapan untuk praktek perawatan yang bisa menyelamatkan hidup.

Dilansir dari The Independent, para ilmuwan telah membuat satu perangkat yang melakukan pencarian pada gugusan sel tumor dengan bentuk nukleus yang tidak biasa, pusat kendali pada jantung di tiap sel.

Sumber: The Independent

AI ini telah mendiagnosa lebih dari 7 ribu kasus terbaru dari kanker ovarian. Diagnosa ini dilakukan pada tiap tahun di Britania Raya.

Bentuk nukleus yang aneh itu muncul menjadi satu indikasi bahwa sel DNA telah menjadi tidak stabil. Diagnosa seperti ini tidak bisa didapat dari pemeriksaan tradisional tanpa bantuan AI itu.

Dengan terungkapnya sel-sel yang tidak biasa ini, para ilmuwan mengharapkan AI yang dapat mendiagnosa itu bisa berkembang menjadi sebuah sistem perawatan kanker yang lebih baik.

Seorang doktor bernama Yinyin Yuan mengungkapkan bahwa penggunaan pengujian yang baru ini memberikan kita sebuah cara mendeteksi tumor yang tersembunyi dan sulit dilacak melalui pengujian genetik.

Namun kehadiran AI ini bukan berarti akan menghapus cara diagnosa yang sudah ada. Akan tetapi AI berperan sebagai langkah alternatif di samping pengujian gen.

Di samping memilih perawatan terbaik, penelitian yang dibuat oleh Dr Yuan dan timnya ini juga menyingkap potensi dari terapi kekebalan tubuh.

Langkah medis yang disebut juga immunotherapy iru terdiri dari banyak perawatan yang memberikan peningkatan kemampuan pada sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel-sel kanker.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close