Uncategorized

Keindahan Masjid Tiban di Malang Dengan Sederet Kemisteriannya

Masjid Tiban atau yang dikenal juga juga dengan nama Masjid Ajaib, ini sebenarnya adalah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Terletak di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Mengapa bisa disebut sebagai Masjid Ajaib? Berikut inilah keindahan Masjid Tiban dengan sederet kemisteriannya!.

Berdasarkan desas-desus kabar yang beredar, pembangunan Masjid Tiban ini tanpa sepengetahuan warga sekitar dan langsung berdiri megah. Karena itulah masjid ini diberi nama “Tiban” yang berarti “tiba-tiba ada”. Masjid ini sempat membuat heboh di kalangan warga dan wisatawan. Usut punya usut, Masjid Tiban dikabarkan dibuat oleh tentara jin hanya dalam 1 malam. Tapi rupanya hal itu tidaklah terbukti, para santri dan jemaah-lah yang membuat masjid ini sedikit demi sedikit.

Kemegahan Masjid Tiban Nampak Dari Luar (Sumber: Nadanura)

Masjid Tiban mulai dibangun sejak tahun 1991 dan sampai sekarang belum selesai. Masjid ini memiliki 10 lantai, Lantai 1 – 4 untuk tempat kegiatan para santri. Lantai 6 adalah ruangan seperti ruang keluarga. Lantai 5, 7, 8 ada toko kecil yang dikelola para santriwati yang dipakai untuk berjualan makanan ringan, pakaian dan keperluan ibadah. Semua lantai dapat dijelajahi menggunakan tangga atau lift. Di dalam komplek masjid dan pesantren juga ada area khusus tempat macam-macam hewan dan kolam renang, lengkap dengan perahu khusus untuk anak-anak yang berkunjung ke masjid.

Bagian Dalam Masjid Tiban Dominan Berwarna Emas (Sumber: Moezan)

Gaya arsitektur Masjid Tiban sangatlah megah, mewah, nyentrik dan kental dengan desain Timur Tengah. Uniknya, tidak ada arsitek khusus yang merancang pembangunan masjid ini. Desain masjid dikabarkan dari ide sang pemilik pondok pesantren, yaitu KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh yang mendapatkan petunjuk membangun masjid ini lewat Sholat Istikharah. Masjid Tiban mengusung konsep ramah lingkungan. Terbukti dari salah satu bagian masjid yang sengaja dibuat menghindari pohon kelapa. Hal itu dilakukan agar pohon kelapa tidak ditebang.

Berkunjung ke Masjid Tiban selain melaksanakan ibadah juga sekaligus bisa berwisata melihat aneka satwa dan berenang. Tenang saja, untuk memasuki Masjid Tiban tidaklah dipungut biaya sepeserpun, melainkan gratis. Yuk ke Masjid Tiban, kita beribadah sambil berwisata!

(TR/ST)

Baca Juga

Isi Libur Lebaranmu dengan Berkunjung ke Royal Caravan Hotel & Outbond Mojokerto! Dijamin Seru!

5 Persiapan Penting Untuk Liburan Yang Gak Boleh Ketinggalan!

Liburan Hemat Ke Bali. Menginap Di Padma Resort Legian Diskon 50% Via CIMB Niaga!

Liburan Sambil Belajar Mengenal Anatomi Tubuh Manusia di Museum Tubuh Bagong!

Liburanmu Ke Kota Ini, Kini Akan Semakin Banyak Pilihan Tempat Untuk Menginap, 8 Hotel Baru Yang Akan Di Buka 2016 Di Kota Kembang Yang Sekaligus Kota Fashion Yaitu Bandung!

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close