Apa yang terbayang di benak kamu kalau melihat seorang model? Badan tinggi, langsing, kaki jenjang, wajah cantik, pipi tirus, kulit putih dan lain sebagainya. Body model seperti ini lah yang banyak diimpikan oleh banyak wanita, termasuk kamu kan, PiBi?

Tapi terbayangkah kamu bagaimana beratnya usaha seseorang untuk menjadi seorang model. Usaha ini juga yang akhirnya membuat model-model dunia bahkan supermodel dibayar dengan harga fantastis bahkan hanya untuk beberapa kali jepretan saja.

Namun karena canggihnya teknologi masa kini yang bisa membuat segalanya menjadi nyata, para seniman akhirnya menggabungkan teknologi dengan seni. Seperti yang dilakukan oleh Cameron James-Wilson, seorang fotografer asal London yang menggunakan teknologi untuk menciptakan seorang model.

Ya, Cameron James-Wilson atau dikenal dengan CJW benar-benar menciptakan seorang model. Dengan memanfaatkan teknologi  3D, CJW menciptakan “Shudu” seorang supermodel wanita berkulit hitam yang benar-benar terlihat layaknya seorang manusia.

“Pada dasarnya Shudu adalah ciptaan saya, dia adalah karya seni yang sedang saya kerjakan saat ini. Meskipun dia bukan model nyata, tapi dia mewakili banyak model sebenarnya, berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini. Ini merupakan suatu pergerakan besar dengan menghadirkan model dengan kulit gelap, jadi ini mewakili mereka dan terinspirasi dari mereka. Jelas beberapa model seperti Duckie Thot juga sangat inspiratif baginya,” ujar CJW.

Tindakan ini sempat mendapat banyak kecaman dari beberapa pihak. Karena CJW yang notabene seorang berkulit putih justru menciptakan sebuah pergerakan dengan media model buatan berkulit hitam. Banyak pula kritikus yang beranggapan jika CJW memanfaatkan kondisi ini untuk menarik keuntungan. Namun hal ini dibantah oleh CJW. Ia bahkan belum mendapatkan keuntungan apapun dari Shudu ini.

Justru saat ini ia telah menghabiskan $2.762 atau sekitar 37 juta untuk pembuatan Shudu. CJW menganggap bahwa ciptaannya ini sebagai proses pembelajaran dan mengembangkan kemampuan desain 3Dnya. “Dan satu-satunya niat adalah menciptakan image wanita tercantik yang saya bisa,” tambahnya.

Perlu kamu ketahui Shudu saat ini telah memiliki Instagram pribadi dengan nama @shudu.gram dengan pengikut lebih dari 57 ribu akun. Selain itu Shudu yang dikenal sebagai “World’s First Digital Supermodel” ini telah menjadi model di salah satu produk kosmetik ternama, Fenty Beauty pada bulan februari lalu. Juga menjadi model di beberapa produk fashion, loh.

Keren yah PiBi, Shudu benar-benar terlihat seperti manusia sungguhan, bukan?

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar