News & InformationScience

Kenapa Daun Putri Malu Layu Saat Disentuh ? Begini Alasannya

PalingBaru- Halo Sahabat Pibi, ingatkah kamu dengan tanaman putri malu, yang ketika disentuh daunnya akan layu? Kira-kira, kamu tau enggak apa penyebabnya?

Putri malu atau Mimosa Pudica merupakan tanaman dari suku polong-polongan yang mudah sekali dikenali.

Hal ini dikarenakan bentuk daunnya yang sangat cepat layu apabila disentuh. Gerakan menutupnya daun puti malu ini disebut seismonasti.

Penyebabnya adalah putri malu bisa layu atau tertutup daunnya karena dia kehilangan tugor. Tugor adalah tekanan pada dinding sel oleh air yang berada pada vakuola atau lubang sel.

Ketika putri malu diberikan rangsangan, makai a terstimulasi untuk melepaskan zat-zat kimia, termasuk ion potassium yang memaksa air keluar dari vacuole.

Air tersebut berdifusi mengeluarkan sel sehingga tekanan sel pun menghilang dan menjadi layu. Maka dari itu, tanaman putri malu pun tertutup dan mengempis.

Selain sentuhan, ada beberapa faktor yang menyebabkan tanaman ini layu. Misalnya goyangan, tiupan, hingga rangsangan berupa panas.

Para ilmuwan berpendapat, bahwa cara tanaman putri malu layu saat menutup merupakan salah satu upaya dalam perlindungan diri terhadap pemangsa.

Mengapa demikian, karena ketika hewan pemangsa akan memakan tanaman putri malu, secara otomatis ketika hewan tersebut menyentuhnya, daunnya akan layu, sehingga membuat hewan tersebut mengurungkan niatnya.

By Nana Riyana

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close