News & InformationScience

Pernahkah Kamu Merasakan Rindu ? Ini Dia Penyebabnya

PalingBaru- Hai sahabat Pibi, pernahkan kamu merasakan rindu dengan seseorang ? Yup, itu adalah rasa ingin segera bertemu tapi terhambat oleh jarak dan waktu.

Kali ini, paling baru akan mengupas kenapa rasa rindu itu muncul atau bahkan menghantuimu. Semua itu ada alasan ilmiahnya lho.

Ilustrasi

Tahukah kamu, sebenarnya perasaan rindu sangat normal terjadi. Penyebab utamanya adalah karena rasa cinta dan hormon dopamin.

Entah mana yang lebih dulu, tapi yang jelas, jika kamu suka seseorang atau mencintai seseorang secara otomatis akan merangsang munculnya hormon dopamin. Karena hormon inilah kamu bisa merasakan bahagia hingga rasa sakit.

Misalnya, ketika kita bertemu dengan seseorang yang kita suka, otak akan memproduksi hormon dopamin yang menimbulkan efek bahagia.

Namun, ketika seseorang tersebut jauh, otak akan menagih kita agar bisa segera berjumpa kembali. Nah, inilah yang dinamakan rindu.

Ilustrasi

Hormon dopamin menimbulkan efek ketergantungan. Hormon ini juga mempengaruhi hormon serotonin sehingga mengendalikan tingkat stress, suasana hati hingga nafsu makan.

Jadi itu sebabnya, berjauhan dengan orang yang kita sayangi itu terasa menyakitkan.

Mungkin benar kata Dilan, Rindu itu berat. Biar aku saja.

By Nana Riyana

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close