Setiap orang pasti memiliki kisah percintaannya masing-masing kan, PiBi? Ada yang berjalan dengan baik namun ada pula yang tidak. Pastinya setiap pasangan ingin memiliki hubungan asmara yang langgeng. Sayangnya, problematika yang tidak pernah ada habisnya adalah patah hati. Seakan-akan, patah hati menjadi hal terburuk yang pernah terjadi dalam hidup.

Banyak sekali faktor yang mendukung seseorang patah hati. Bisa putus cinta, mengagumi tanpa dicintai, mengalami penolakan hingga ditinggalkan oleh orang yang kita cintai. Patah hati memang memiliki efek buruk bagi hidup seseorang, apalagi kalau kamu sudah sangat mencintai pasangan mu. Seperti judul lagu milik Efek Rumah Kaca, harusnya, jatuh cinta itu biasa saja. Nah, bagaimana kalau patah hati sudah menjadi efek yang buruk bagi hidup kita? Sebelum itu terjadi, begini cara mengatasi patah hati!

Belajar Menerima

Semakin besar rasa kehilangan yang dirasakan maka akan semakin besar pula luka yang dirasakan. Demi menghilangkan luka yang semakin mendalam, kamu harus mulai belajar menerima keadaan bukan malah putus asa. Dikutip dari Kumpulan Puisi, jika itu rasa sakit, terima rasa sakitnya. Jika itu kepergian, terima kepergiannya. Banyak yang belum mengerti bahwa sebab seseorang putus asa adalah karena ketidakmampuannya dalam menerima kondisi yang ada.

Nikmati Proses

 

Kamu tidak akan pernah belajar jika tidak melakukan kesalahan. Sama dengan jika tidak melalui patah hati maka kamu tidak akan menemukan hati yang tepat. Hampir sama dengan belajar menerima, kamu harus menikmati setiap sakit dan luka akibat patah hati setiap harinya. Dengan begitu, kamu akan semakin kuat menghadapi luka yang akan kamu dapatkan selanjutnya. Memang sakit, tapi harus kamu lewati ya, PiBi.

Bermain Bersama Sahabat

Sahabat adalah orang yang dekat dengan kamu. Jadi, ketika sahabat mu mengetahui kamu sedang bersedih karena patah hati, maka secara spontan mereka akan menghibur dan berusaha membuatmu lupa dengan menghabiskan waktu bermain bersama. Kamu juga bisa menceritakan keluh-kesah mu pada sahabat mu.

Memaafkan Diri Sendiri

Maafkanlah dirimu sendiri atas seluruh kesalahan yang telah kamu lakukan dalam hubungan yang berhujung patah hati. Musuh terbesar dalam hidupmu adalah dirimu sendiri. Bangunlah kembali kebahagiaan dalam dirimu dimulai dari memaafkan dirimu sendiri.

Menyibukkan Diri

Kamu lupa bahwa kehidupan mu tidak melulu tentang cinta. Gara-gara patah hati, kamu jadi lupa dengan banyak aktivitas yang seharusnya sudah bisa kamu selesaikan, lho. Dengan menyibukkan diri maka dengan sendirinya kamu akan bisa sedikit melupakan patah hati mu.

Berdoa Kepada Tuhan

Hal ini yang paling sering kamu lupakan. Kamu tidak sendiri di dunia ini, bisa jadi patah hati adalah salah satu jalan yang menuntun kamu menjadi lebih dekat dengan Tuhan mu. Coba selalu berpikir positif kepada Tuhan bahwa demi menyelamatkan mu dari orang yang salah, Tuhan mematahkan hati mu.

Bersedih saat patah hati memang hal yang wajar, tetapi jangan sampai kamu berlarut terlalu dalam ya, PiBi. Seperti kata Raditya Dika, luka akan terganti dengan senyuman tipis di bibir mu.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar