News & InformationScience

Kera ini Hidup dengan Jantung Babi Cangkokan

Palingbaru – Sahabat Pibi pasti sudah tidak heran lagi, kalau perkembangan ilmu biologi sekarang sudah sangat pesat. Misalnya soal pertukaran organ satu makhluk ke makhluk lainnya.

Salah satu di antara banyaknya proyek besar para biolog adalah tranplantasi atau pencangkokan. Ngomongin soal ini, ada capaian terbaru nih dari para ilmuwan. Katanya, menurut Scientific American mereka berhasil membuat kera hidup dengan jantung babi hasil cangkokan pada tubuhnya.

Kera yang dimaksud adalah yakis, yakni kera besar yang hidup di tanah (tidak memanjat). Kera tersebut dalam istilah Inggris disebut Baboon. Mereka semua hidup di laboratorium Ludwig Maximilian Universitas Munich.

Dengan jantung babi itu, yakis yang dijadikan eksperimen tersebut bisa hidup secara normal. Mereka bisa meloncat-loncat, makan, minum, dan bahkan terlihat menikmati hidupnya.

Pada prosesnya, mereka dioperasi untuk menggantikan jantungnya dengan jantung babi yang secara genetik sudah diatur sedemikian rupa oleh para peneliti.

Dua dari empat kera itu telah ditidurkan setelah hidup selama 90 hari. Jumlah hari tersebut adalah periode ketahanan hidup makhluk selain manusia, yang dirancang oleh International Society for Heart and Lung Transplantation.

Apa yang dilakukan para ilmuwan ini untuk menguji seberapa aman transplantasi ini untuk manusia. Untuk sementara menurut beberapa ilmuwan capaian dari penelitian ini sudah terbilang luar biasa.

Seorang ahli bedah, Muhammad Mohiuddin yang sekaligus juga direktur Cardiac Xenotransplantation Program di Universitas Maryland optimis pada capaian dari percobaan ini. Ia menilai ini akan jadi titik tolak menuju pencangkokan pada tubuh manusia.

Pada proses pencangkokan tersebut, ilmuwan telah melewati beberapa kegagalan sebelumnya, hingga terus mencoba untuk menyesuaikan gen pada jantung babi tersebut pada tubuh si yakun.

Nah, begitulah untuk capaian terakhir dari para biolog soal transplantasi. Tentu ini belum berakhir, kita  tunggu kabar selanjutnya.

By Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close