AnimalScience

Kerang Raksasa Terancam Punah Karena Serangan Parasit Misterius

Palingbaru – Hai sahabat Pibi, di antara kamu mungkin sudah ada yang pernah mendengar nama “pinnidae”, atau mungkin lebih familiar dengan nama kerang pena.

Kabarnya, kerang raksasa ini sedang kena serangan dari parasit yang bisa membuat mereka punah. Parasit tersebut masih terbilang misterius.

Sebagaimana diberitakan oleh The Independent, kerang yang banyak tinggal di perairan laut Mediterania ini banyak yang meregang mati karena parasit bernama Haplosporidium.

Parasit tersebut menurut para ilmuwan adalah makhluk baru. Kasus kematian kerang pena karena parasit tersebut telah membuat para peneliti kebingungan.

Itu semua karena parasit ini bertingkah di luar kebiasaan parasit pada umumnya. Haplosporidium diduga telah membunuh kerang yang ia hinggapi. Caranya dengan menyerang sistem pencernaan si kerang.

Sumber: catalog.shellmuseum.org

Seorang peneliti senior dari Institute of Marine Biology, Biotechnology and Aquaculture Helle Center for Marine Research mengatakan, apa yang bisa ia lihat sekarang adalah kematian kerang itu yang disebabkan oleh parasit itu.

Soal besaran sebaran parasit ini, para peneliti sudah tahu bahwa penyebaran parasit itu sudah cukup luas dan pesat.

Kenyataan ini telah membuat para peneliti untuk terus mencoba memahami bagaimana parasit itu meluas. Pasalnya, kematian spesies kerang ini sudah ditemukan juga di pesisir dekat Perancis, Malta, Tunusia, Italia, dan Yunani.

Selain itu, pembiaran pada kasus ini akan menyebabkan masalah besar bagi ekologi dan keseimbangan ekosistem di Mediterania.

by Abdul Hamid

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close