Buat kamu yang ngaku anak otomotif, ada kabar menarik nih buat kamu, PiBi. Kabar tersebut datang dari Volkswagen, pabrikan otomotif raksasa yang berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Baru saja terdengar kabar kalau divisi mobil mewah dari Volkswagen, yakni Audi dan Porsche akan berkolaborasi untuk menciptakan jagoan baru mereka, yaitu platform mobil listrik.

Dilansir dari Reuters, kedua brand mobil berkelas tersebut ingin menghadirkan sesuatu yang berbeda untuk kendaraan di masa depan. Dikatakan pula, kerjasama ini dilakukan guna memangkas biaya produksi. Seperti yang kita ketahui, pembuatan mobil listrik bukanlah proyek yang sembarangan, baik dari konsep maupun anggaran. Maka dari itu, untuk menekan biaya yang membengkak, Audi dan Porsche mengerjakan proyek ini bersama-sama.

Tidak tanggung-tanggung, prediksi biaya yang berhasil ditekan jika melakukan kerjasama bisa mencapai 1 miliar Euro. Tentunya nominal tersebut bukan jumlah yang sedikit kan, PiBi? Jadi wajar saja jika kedua perusahaan raksasa ini berkolaborasi jika melihat angka yang sangat fantastis tersebut. Kabar terkini menyebutkan kalau setidaknya akan ada 850 orang yang akan bekerja dalam penggarapan mobil listrik ini. Jumlah tersebut terbagi, diantaranya 300 orang dari Porsche dan 550 orang dari Audi.

Penggarapannya sendiri masih dijadwalkan untuk beberapa waktu ke depan. Untuk saat ini, kedua divisi mobil mewah tersebut tengah menggodok konsep mobil listrik dengan perpaduan teknologi serta memikirkan efek serta manfaatnya. Sesuai realita, mobil listrik memang sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar karena emisi karbon yang dihasilkan lebih rendah bila dibandingkan dengan penggunaan BBM.  Selain itu, mobil listrik merupakan satu-satunya mobil yang memiliki kemampuan Intelligent Transport System (ITS), yang artinya bisa melakukan pengereman secara otomatis jika terjadi kecelakaan.

Rencana besarnya dari kolaborasi ini akan berpuncak pada tahun 2021 mendatang. Dikatakan kalau pada masa depan, akan ada perubahan besar-besaran dalam bidang transportasi. Maka dari itu, Porsche dan Audi sudah mempersiapkannya mulai hari ini sehingga pada tahun 2021 nanti, jagoan mereka sudah siap mengaspal.

Apa Tanggapanmu?
  • Fascinated
  • Happy
  • Bored
  • Angry
  • Sad
  • Afraid

Apa Komentarmu ?

komentar