News & InformationScience

Keren! Bakteri Ini Bisa Memproduksi Listrik

Palingbaru – Bakteri adalah makhluk kecil yang tinggal di beberapa tempat seperti di kedalaman lahan tabang, di dasar danau dan di usus manusia. Ternyata, makhluk kecil itu bisa memproduksi listrik.

Sebagaimana yang diberitakan Science Alert, fakta ini telah ditemukan oleh beberapa ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Mereka menemukan bakteri itu memproduksi listrik untuk mempertahankan hidupnya yang berada di lingkungan yang rendah oksigen.

Bakteri tersebut telah digunakan sebagai bahan percobaan yang di suatu hari dapat memberi daya, mulai dari baterai hingga “biohomes”.

Bakteri yang bisa memproduksi listrik itu tidak hanya satu, tetapi terdapat beberapa jenis bakteri yang bisa melakukan ini. Beberapa dari mereka ada yang lebih baik dari yang lainnya.

Pada prosesnya, bakteri ini memproduksi elektron di dalam sel mereka dan melepaskannya lewat saluran kecil di membran sel mereka. Hal ini disebut juga dengan proses transfer elektron ekstraseluler.

Namun, permasalahan pada bakteri ini adalah mereka sulit dan mahal untuk hidup di lingkungan laboratorium, yang justru memperlambat kemampuan manusia untuk mengembangkan teknologi yang terbarukan.

Permasalahan itu membuat para ilmuwan MIT melakukan langkah untuk bisa menyortir dan mengidentifikasi bakteri yang bisa menghasilkan listrik lebih banyak.

Para peneliti biasanya sesekali menggunakan teknik dielektroforesis untuk memisahkan dua jenis bakteri berdasarkan sifat kelistrikannya. Proses ini digunakan misalnya ketika ingin membedakan dua jenis sel berbeda seperti sel dari katak dan sel dari burung.

Akan tetapi, para peneliti MIT sendiri menggunakan teknik yang berbeda, mereka memisahkan sel-sel yang berbeda itu berdasarkan perbedaan waktu mereka dalam produksi listrik.

by Abdul Hamid

 

Tags

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
Close